Penerapan Sikap Kerja Prestatif Dalam Berwirausaha

6:41 PM
Menerapkan sikap kerja prestatif
Setelah mendapatkan pelatihan bagaimana cara melakukan pekerjaan dengan sikap kerja prestatif kemudian karyawan diharuskan dapat menerapakan dalam menjalankan pekerjaannya dengan sikap prestatif seorang karyawan atau pekerja. Dengan demikian pekerja dapat menguasai dan menjalankan tugasnya dengan baik tanpa harus diawasi oleh atasannya secara ketat.

1)    Penerapan Kesempatan Bekerja
Dalam prakteknya kesempatan bekerja merupakan kebutuhan yang mendesak. Oleh karena itu diperlukan berbagai macam kebijaksanaan yang menyeluruh seperti pendidikan keterampilan pendidikan pelatihan kerja, pendirian industry, pembangunan sarana dan prasarana, pemilihan teknologi, dan sebagainya. Disamping itu juga dikembangkan usaha-usaha untuk memperluas kesempatan kerja perlu dituangkan dalam program-program kerja khusus secara efektif dan efisien.

2)    Kepercayaan dan Keberanian Bekerja
Sebagai wirausaha harus memiliki kepercayaan, kesempatan, keberanian dan keyakinan terhadap diri sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:
a.    Percaya dan yakin akan kecerdasan dirisendiri
b.    Percaya dan yakin pada kecakapan yang diperoleh dari hasil pendidikan pelatihan dan kursus serta pengalam pribadi dalam bekerja.
c.    Percaya dan yakin akan bisa bekerja secara aktif, kreatif dan inovatif.
d.    Percaya dan yakin pada kemampuan diri sendiri bahwa akan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Pekerja yang baik dapat dilihat dari ciri yang menonjol pada orang tersebut, sehingga dapat dibedakan antara pekerja keras dengan pekerja yang lainnya. Ciri-ciri pekerja yang memiliki sikap kerja yang baik adalah sebagai berikut:
1.    Diligence ( kerajinan, kerja keras )
2.    Dedication ( pengabdian )
3.    Integrity ( keutuhan, watak )
4.    Responsiblenness ( rasa tanggungjawab )
5.    Cerefullness ( kehati-hatian )
6.    Versatility ( keserbabisaan )
7.    Innovativeness ( daya pembaharuan )
8.    Coorperativeness ( semangat kerja sama )
9.    Eageerness to learn besides skill fullness ( hasrat besar untuk belajar dan kemahiran )

Penerapan Sikap Kerja Prestatif Dalam Berwirausaha
Penerapan Sikap Kerja Prestatif Dalam Bekerja 


3)    Motivasi dalam bekerja
Menumbuhkan dan mengembangkan serta menerapkan motivasi adalah suatu tindakan yang penting. Sebab motivasi adalah merupakan suatu kunci untuk menerapkan bekerja secara prestatif kepada bawahannya atau karyawannya.

Untuk mempelajari tentang bagaimana memperdalam tentang motivasi di dalam bekerja, hendaknya seorang wirausaha harus memperhatikan hal-hal yang terkait dengan masalah kebutuhan hidup. Abraham Herberg Maslow ( 1954 ) dalam teori herarki kebutuhannya mengatakan bahwa kebutuhan manusia terdiri dari:
a.    Kebutuhan fisiologis
b.    Kebutuhan rasa aman, bebes dari ancaman fisik dan psikis
c.    Kebutuhan akan penghargaan (penghargaan akan kemampuan, kopentensi dan kepercayaan diri)
d.    Kebutuhan untuk aktualisasi diri ( mengembangkan potensi-potensinya semaksimal mungkin )
Menurut Herberg, orang yang nenyukai pekerjaannya akan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam dirinya. Sebaliknya pekerjaan yang kurang disenangi akan mengurangi rasa kepuasan tersendiri. Dengan adanya motivasi akan mendorong orang untuk lebih prestatif, efisien, dan produktif.

Jadi dalam urusan pekerjaan diharuskan menyukai pekerjaannya supaya mendapat suatu kepuasan tersendiri dalam bekerja. Dalam memilih pekerjaan harus yakin dan bersungguh-sungguh bahwa pekerjaan tersebut pantas dengan pribadi. Jika suatu pekerjaan dilaksanakan dengan terpaksa atau dengan tidak ikhlas tidak akan membawa orang tersebut ke dalam kepuasan diri, namun mungkin pekerjaan tersebut akan menjadikan neraka bagi seseorang tersebut.


baca artikel terkait: menumbuhkan perilaku semangat kerja prestatif melalui pelatihan

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »