1. Fungsi dari roda
Roda depan dan belakang pada kendaraan bermotor adalah sebagai penunjang sepeda motor untuk dapat berjalan saat digunakan untuk keperluan dan berktivitas. Terutama pada roda belakang adalah sebagai tenaga penggerak sepeda motor yang diterima dari tenaga mesin yang disalurkan melalui transmisi dan rantai pada roda belakang kendaraan.
2. Bagian-bagian yang terdapat pada roda kendaraan
• Bantalan roda.
• Hub.
• Jari-jari/ ruji.
• Pelak, dan
• Ban.
3. Gangguan yang sering terjadi pada roda
a. Pengendalian kemudi terasa berat
- Kekencangan mur pada kemudi terlalu keras
- Tekanan angin di ban kurang
- Terjadi kerusakan pada bearing
b. Roda depan goyang/ oleng
- Pelek bengkok
- Bantalan roda rusak
- Jari-jari kendor
c. Pengendalian berat ke satu sisi
- Pemasangan suspense kanan dan kiri tidak tepat/ tidak presisi
- Garpu depan bengkok
- Terjadi kerusakan pada pivot swing arm
d. Putaran roda tidak halus/ kurang lancar
- Penyetelan rem kurang tepat
- Terjadi kelainan pada bearing roda
- Gear speedometer rusak
4. Bantalan roda
Bantalan ini berfungsi sebagai bantalan/ dudukan antara hub/ tromol dengan poros sehingga roda dapat berputar dengan lancer.
Roda sepeda motor |
5. Fungsi dari terc mol roda ( wheel hub )
- Teromol roda adalah sebagai dudukan sistim rem dan sebagai penopang roda pada porosnya.
6. Fungsi jari-jari roda
Pada dasarnya susunan jari-jari dari pusatnya adalah sebagai penghubung tromol roda dengan peleknya. Jari-jari juga sebagai penopang berat dari sepeda motor seberapa besar tenaga yang dibebankan melalui roda dan sekaligus juga sebagai penyerap getaran/ goncangan dari jalanan.
7. Fungsi dari pelek roda
Pelek sepeda motor dibetuk sedemikian rupa dengan kuat agar dapat mengatasi keolengan dan kebengkokan. Disamping itu juga dibentuk dengan demikian supaya dapat memungkinkan ban luar dan ban dalam dapat dipasangkan secara sempurna.
8. Fungsi dari ban luar kendaraan
Jalur alur pada permukaan ban depan dan ban belakang kendaraan memiliki bentuk dan garis yang berbeda.
a. Ban depan
Memiliki alur yang relatif lebih sempit dengan corak yang sesuai dan tepat untuk pelayanan pengendalian kendaraan secara aman. Corak ini disebut Rib pattern/ corak rusuk.
b. Ban belakang
Karena ban belakang sebagai penyalur dari tenaga mesin, maka untuk mengefisiensikan tenaga semaksimal mungkin dibentuklah corak dari jalur-jalurnya yang ketat terhadap permukaan jalan. Cora kini disebut Blok pattern/ corak renggul.
ban luar sepeda motor |
9. Fungsi dari ban dalam
Di dalam ban dibutuhkan sejumlah udara yang dapat membantu menyerap getaran dari permukaan jalan. Sebagai wadah atau tempat ruang udara tersebut dipasanglah ban bagian dalam, lengkap dengan klep dan klep pemasukan udara ( pentil ).
baca artikrl terkait: sistem start dan komponen motor starter
EmoticonEmoticon