6 Jenis Resiko Usaha dan 3 Penyebab Kegagalan Dalam Suatu Usaha

6:16 AM
Usaha - Dalam suatu usaha resiko selalu ada dan selalu menghadang. Tentu dalam hal ini bagi para pengusaha adalah tantangan yang harus dihadapi, bukan untuk dihindari. Ada usaha ada resiko, resiko tidak dapat dihindari namun resiko dapat diminimalkan dengan cara, metode atau rumus tertentu. Resiko dapat dibagikan menurut sumbernya, ada pun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Resiko kehilangan omset perusahaan (harta perusahaan)
Resiko kehilangan harta perusahaan dapat disebabkan dari luar maupun dari dalam perusahaan, Misalnya:
a. dari luar:
-pencurian
-kebakaran
-bencana alam
b. Dari dalam:
- pegawai korupsi (harta perusahaan/waktu kerja).
- kelalaian pegawai.
- laporan dipalsukan.

2. Resiko jiwa karyawan
Didalam proses kegiatan perusahaan tentu saja tidak lepas dari kecelakaan kerja karyawan. Hal ini menjadi salah satu tanggung jawab perusahaan untuk melindungi para pekerja dan kecelakaan kerja dapat dihindari atau setudaknya diminimalkan . Misalnya tersengat listrik, tertimpa alat produksi, dll yang dapat menyebabkan cacat atau meninggal dunia.

3. Resiko keuangan
Resiko keuangan dapat terjadi dan jika tidak cepat diatasi akan membuat arus kas turun( cast flow). Biasanya kejadian seperti ini disebabkan karena produksi yang terhambat, kredit macet atau pemasaran yang menurun.

4. Resiko kerusakan hasil produksi
Kualitas produk tentu saja sangat mempengaruhi terhadap perusahaan. Biasanya yang terjadi adalah cacat produk, mesin produksi yang rusak, karyawan yang kurang teliti dan barang produksi telah lewat batas pakai(kadaluarsa).

5. Resiko kerusakan alat produksi
Kerusakan pada alat produksi sangat menggangu kegiatan produksi bahkan dapat menggangu jiwa operatornya. Hal ini dapat dihindari dengan cara perawatan mesin produksi berkala, servis pada waktunya dan penggantian sparepart mesin produksi yang telah tidak layak jalan.

6. Resiko kepada orang lain
Setiap produksi tentu saja menghasilkan limbah yang nantinya dibuang dan apakah limbah ini sangat membahayakan masyarakat sekitar atau tidak, jika merugikan tentu saja pihak yang terganggu akan meminta ganti rugi.

6 Jenis Resiko Usaha dan 3 Penyebab Kegagalan Dalam Suatu Usaha
resiko dalam usaha
Seperti telah kita ketahui bahwa setiap usaha itu paati ada resikonya, akan tetapi kita tidak perlu takut hal itu selama kita dapat meminimalkan dan mengatasinya. Beberapa penyebab usaha itu gagal yaitu:
1. Wirausaha masuk dalam dunia perbisnisan terlalu cepat dan mengerjakan terlalu tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Kurangnya analisis kekuatan dan kelemahan.
2. Wirausaha tidak menyediakan uang untuk berjaga saat terjadi penurunan dan tidak menyelaraskan antara pengeluaran dan pemasukan . Kurangnya perencanaan yang realistis yang sangat penting dalam prioritas sebelum memulai bisnis baru.
3. Kesalahan perencanaan
Perencanaan harus direncanakan secara tertulis supaya dapat dijadikan dasar dan petunjuk apakah rencana tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis. Perencanaan harus dibuat secara terperinci supaya dapat membuat keputusan yang benar dan kesalahan tidak muncul sehingga dapat berpikir kedepannya.
Ketiga hal tersebut harus dipertimbangkan sebelum memulai suatu bisnis yang berkelanjutan sehingga proses operasi bisnis dapat berjalan kedepannya.

baca: 

Pengertiaan kewirausahaan dan sikap perilaku wirausaha

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »