Mendorong Semangat Kerja dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja

7:24 PM
Kewirausahaan-Untuk mendorong semangat kerja wirausaha dapat ditingkatkan melalui beberapa bidang pembelajaran melalui :

1.    Pindidikan
Mendidik wirausaha tentang bagaimana pelayanan perusahaan dan khususnya tentang alasan mengapa mereka membeli produk dan jasa, tentang apa masalah yang dialami oleh pelanggan, dan apa kebutuhan, keinginan dan bagaimana spesifik pelanggan.

2.    Nilai-nilai perusahaan
Mengajarkan kepada wirausaha tentang nilai-nilai perbaikan produk dan pemasaran, tentang berlangsungnya proses distribusi serta perbaikan teknik perbaikan produksi supaya dapat bersaing di pasaran dan tidak mengalami kemunduran yang sangat tajam.


3.    Suasana kerja yang mendorong terciptanya ide

Menciptakan suasana kerja yang positif dan dapat mendorong terciptanya ide-ide baru untuk kemajuan bisnis. Dengan kondisi suasana kerja yang kondusif seorang wirausaha akan dapat lebih mudah dalam mentransformasikan ide-ide kreatifnya dan dapat berfikir secara rasional.

4.    Memilih bidang usaha yang sesuai dengan minat dan bakat
Memilih bidang yang sesuai dengan minat dan bakat karena bidang yang sesuai akan membawa seorang wirausaha itu ke dalam kemajuan sasuai kemapuan yang dimilikinya. Jika sudah sesuai maka orang tersebut akan mudah menyesuaikan dan sudah terlatih dibidangnya.

5.    Menciptakan kepentingan/ keinginan yang menarik dalam dirinya
Suatu keinginan yang menarik tentu saja akan membawa seseorang menjadi lebih bersemangat dalam menjalani apapun termasuk adalam bidang bisnis.

6.    Menciptakan hubungan yang baik
Dalam sauatu lingkup bermasyarakat seorang wirausaha harus dapat menciptakan hubungan dan timbal balik yang baik kepada semua orang, dengan demikian akan tercipta kemajuan usaha dan tercipta harga diri, sehingga wirausaha lebih bersemangat dalam bekerja.

7.    Menciptakan lingkungan kerja dan kondisi fisik pekerjaan yang nyaman
Dengan terciptanya lingkungan kerja yang nyaman, fasilitas kerja menyenangkan akan dapat meningkatkan semangat alam bekerja.


8.    Terbuka pada bawahan maupun pihak lain

Seorag wirausaha harus memilikisifat terbuka dan memberi kesempatan kepada pihak lain untuk menyampaikan ide, pendapat, gagasan, saran, dan keritik akan mendapatkan hal-hal yang dapat meningkatkan semangat kerja.

9.    Memperhatikan kebutuhan rohani dan sesekali menciptakan suasan santai
Dengan memperhatikan kebutuhan rohani wirausaha akan dapat kepuasan lahir batin dan dengan sesekali santai, refreshing akan menyegarkan pikiran wirausaha, sehingga akan menambah semangat kerja.

Mendorong Semangat Kerja dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja
semagat bekerja dan terus berjuang
Factor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha meliputi:
a.    Moral Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia sangat memengaruhi kenerja suatu orang karena dari sember daya manusia tersebut akan tercipta sebuah aktivitas dan akan menimbulkan suatu semanagat kerja dalam sauatu perusahaan.

b.    Kepuasan materi dan non materi
Materi menjadi bahan utama dalam sauatu produk atau jasa jika materi tidak memadai maka semangat kerja pula yang akan dikaitkan, karena materi adalah barang yang dicari didalam suatu pekerjaan. Namun jika semangat kerja tinggi bukankan materi juga akan mengikuti sesuai dengan apa yang kita jalankan.

c.    Kesesuaian dengan minat dan bakat
Dengan bakat yang sesuai maka orang akan lebih percaya diri dalam melakukan kegiatan dan dengan minat yang dimiliki maka seseorang akan lebih giat dan senang dalam melakukan suatu pekerjaan tersebut.

d.    Lingkungan kerja
Lingkungan sanagat berperan dalam memengaruhi kegiatan bekerja, maka lingkungan kerja hendaknya harus kondusif dan terbebas dari gangguan yang tidak ada kaitannya dalam sauatu pekerjaan.

e.    Komunikasi
Disebuah perusahaan komunikasi harus selalu terjaga  dengan baik dan komunikasi dengan sehat sangat mempengaruhi kelancaran urusan pekerjaan maka dari itu jagalah setiap komunikasi dengan siapapun, bagaimanapun, dan apapun yang sedang berkomunikaasi dengan suatu pihak.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »