Beberapa Hal Yang Dilakukan Perusahaan Saat Anda Menjadi Karyawan Baru

6:25 AM
Beberapa hal yang dilakukan perusahaan saat anda menjadi karyawan baru  - Dalam merekrut pekerja perusahaan tidak asal pilih, bahkan calon karyawan dengan etos kerja yang bagus belum tentu dapat diterima oleh perusahaan tersebut. Di beberapa perusahaan dalam memilih calon karyawan juga sering melakukan penyidikan bagaimana kehidupan calon karyawan dan latar belakangnya di tempat kerja sebelumnya. Tentu saja berbagai pengecekan ini dilakukan pihak perusahaan tanpa sepengetahuan dari calon pekerja.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang dicek oleh pihak perusahaan/instansi kepada para calon pekerjanya:

Beberapa hal yang dilakukan perusahaan saat anda menjadi karyawan baru
Beberapa hal yang dilakukan perusahaan saat anda menjadi karyawan baru

1. Riwayat hukum dan Kriminal
Sebagian besar perusahaan menyantumkan syarat bagi calon pekerja untuk menyertakan SKCK (surat keterangan catatan kepolisian) untuk mengetahui calon pekerja tersebut tidak memilik riwayat kriminal yang pernah atau sedang terlibat dalam kriminal dan melanggar hukum dikarenakan perusahaan tidak mau terkait dalam masalah pribadi perorangan tersebut, kebijakan ini banyak diterapkan di beberapa negara dan salah satunya di negara kita Republik indonesia ini.

2. Utang piutang
Masalah hutang yang menghantui calon karyawan dapat menjadikan sebuah pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima calon pegawai sebagai karyawannya, karena perusahaan tidak ingin nantinya karyawan yang dipekerjakan terbelit hutang dan hingga menjadi masalah serius dengan karyawan yang akan mengganggu calon karyawan di tempat bekerjanya yang baru. Tetapi jika hutang itu tidak melebihi batas kemampuan karyawan untuk mengangsurnya dan masih dalam zona wajar mungkin beberapa perusahaan masih dapat mentolelir atau masih dalam area maklum(dapat dimaklumi).

3. Rekam Jejak Pekerjaan Terdahulu
Terkadang perusahaan yang baru mengecek kenerja kita di tempat bekerja yang lama karena untung mengetahui bagaimana suatu pekerjaan dihadapi oleh karyawannya di perusahaan sebelumnya tempat ia bekerja.

Pengecekan ini biasanya menjadi langkah terakhir perusahaan untuk mengetahui seluk-beluk karyawan barunya karena perusahaan baru belum mengetahui bagaimana kemampuan bekerjanya.
Rekam jejak biasanya digunakan untuk menjadikan refrensi bagi perusahaan baru tentang apa, siapa dan bagaimana diri anda. Permasalahan apa yang membuat anda meninggalkan pekerjaan lama dan menjadi calon pegawai di tempat tersebut dan mengapa hingga resign dari perusahaan yang lama tempat calon karyawan bekerja.

Namun akan tetapi kejujuran dan tanggung jawab dari calon karyawan yang sangat dihargai oleh pihak perusahaan dan jangan menutup-nutupi kisah suram di perusahaan yang lama. Akan lebih fatal akibatnya jika
perusahaan menemukan ketidakjujuran pegawainya. Tak hanya berujung pemecatan, mungkin hingga ke tingkat hukum dan pengadilan. Dan bagi anda yang akan menjadi calon pegawai sebaiknya perpikir dengan matang-matang saat akan melamar sebagai karyawan dan bagi yang sudah memiliki pekerjaan tetap berpikir benar saat akan meninggalkan pekerjaan lama anda. Terama kasih demikian, semoga dapat memberi informasi anda dan semoga bermanfaat.




Artikel terkait:
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Simpel dan Sederhana

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »