SISTEM REM TROMOL PADA MOBIL DAN Bagian bagiannya

8:02 PM
SISTEM REM TROMOL PADA MOBIL DAN PERISTIWA SAAT PENGEREMAN
--> Rem adalah suatu alat yang berfungsi untuk merubah energi mekanik dalam bentuk putaran menjadi energi panas karena adanya gesekan antara kanfas rem dengan tromol yang akan menyebabkan perlambatan pada putaran roda kendaraan.


Bagian-bagian utama rem Tromol

1. Baking plate
2. Silinder roda (wheel chlinder)
3. Sepatu rem dan kanvas (brake shol and lining)
4. Tromol rem (brake drum)

Type rem
1. Rem kaki (foot broke)
-> digunakan untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan.
2. Rem parkir (parking brake)
-> digunakan terutama untuk memerkir kendaraan supaya kendaraan tidak pindah posisi daat di parkiran.
3. Rem tambahan
-> digunakan untuk variasi pada kendaraan atau sebagai pengamanan tambahan di kendaraan.
Peristiwa shoe
A. Triling shoe:
Peristiwa terjadinya penarikan terhadap sepatu rem saat terjadi proses penarikan. Triling shoe ini akan menyebabkan penurunan gaya pengereman karena kampas rem seoleh-olah ikut terbawa dalam putaran roda kendaraan.
B. Leading shoe:
Yaitu Gaya penekanan pada kampas rem karena pada bagian kampas rem tersebut tertahan oleh as sehingga bagian kampas rem tersebut tidak terbawa putaran oleh putaran roda kendaraan/ tromol.
Syarat-syarat pengereman
1. Pada saat pengereman kendaraan harus dapat berhenti dengan stabil, untuk itu roda tidak boleh memblokir/ slip.
2. Supaya tidak memblokir maka berat kendaraan pada roda saat berjalan harus lebih besar dari pada gaya pengereman.
SISTEM REM TROMOL PADA MOBIL DAN Bagian bagiannya
SISTEM REM TROMOL PADA MOBIL DAN Bagian bagiannya

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »