Faktor Yang Menunjukan Komitmen Tinggi Seorang Wirausaha Dalam Pekerjaannya

7:46 PM
Factor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi. Komitmen tinggi bukan hanya semata-mata untuk menjual ide saja, menunjukkan sebuah perilaku komitmen tinggi tidak hanya saat-saat tertentu dan bukan untuk bergaya, melainkan terkait dengan adanya factor-faktor pendukung yang benar-benar memanfaatkan komitmen tinggi. Factor pendukung yang mempengaruhi komitmen tinggi yang betul-betul memanfaatkannya adalah konsisten, tegas, mercusuar dan konsentrasi pada manusia. Dan berikut adalah penjelasan dari konsisten, mercusuar serta konsentrasi pada manusia yang mempengaruhi komitmen tinggi.

A.    Konsisten, tegas dan fair

-    Seseorang yang memiliki suatu putusan yang selalu berubah-ubah adalah seorang yang tidak memiliki konsisten. Pembicaraannya tidak bisa dipegang dan tidak dapat dijagakan sehingga akhirnya tidak dapat dipercaya.
-    Tegas adalah sikap yang menunjukan sikap mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak bileh dilakukan.
-    Fair artinya tidak memihak dan tidak pilih kasih dalam menjalankan apa yang dijalankannya. Seorang wirausaha yang memiliki charisma adalah seorang yang menunjukan ciri dari konsisten, tegas dan fair. Konsisten adalah apa yang bisa dan apa yang tidak bisa diharapkan.fait dan tegas adalah sifat yang dimiliki untuk meningkatkan respek dan charisma wirausaha.

B.    Mercusuar

Wirausaha yang berkharismatik akan memberikan penerangan yang baik dan berguna. Seorang wirausaha hendaknya dapat mempraktekan dan menerpakan apa yang dibicarakan, selalu disiplin, tidak pernah terlambat, selalu konsisten dan sebagai mana mestinya seorang wirausaha. Dengan  harapan seorang wirausaha dapat menjadi contoh bagi orang lain.

Faktor Yang Menunjukan Komitmen Tinggi Seorang Wirausaha Dalam Pekerjaannya
Factor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi


C.    Konsentrasi pada manusia

Wirausaha yang memiliki konsentrasi penuh terhadap manusia akan lebih berhasil dari pada wirausaha yang hanya berkonsentrasi pada tujuan dan hasil. Untuk menjadi wirausahawan yang memiliki komitmen tinggi dan tangguh, maka seorang calon wirausaha perlu memahami beberapa unsur penting yang harus dikuasai dan harus selalu dikembangkan, diantaranya yaitu:
a.    Unsur pengetahuan
Pengetahuan adalah salah satu unsur yang mencerminkan tingkat penalaran seseorang dalam berfikir, biasanya tingkat pengetahuan ini dipengarhi oleh tingkat pendidikan yang ditempuh oleh seseorang. Cara meningkatkan unsur pengetahuan adalah dengan banyak membaca, belajar, sekolah, berani bertanya, rajin mengikuti seminar-seminar dan mengikuti kursus serta memiliki semangat keingintahuan akan suatu hal.

b.    Unsur keterampilan
Keterampilan merupakan cerminan dari kemempuan kerja fisik seseorang yang biasanya diperoleh dari proses rutin latihan. Adpun cara untuk meningkatkan keterampilan yaitu dengan rajin berlatih, tekun, bersunguh-sungguh, dan disiplin dalam mengasah kemampuan berkarya.

c.    Unsur sikap dan mental

Merupakan respon atau tingkah laku seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu. Sikap mentalini dapat dilatih dan dikembangkan dengan cara siap melaukan apa saja sesuatu yang seharusnya dilakukan, tekun beribadah dapat menjadikannya seorang teladan, ramah, suka menolong, disiplin, berani mengambil resiko, dapat bergaul, dapat memimpin, dan sebagainya yang mempengahruhi sikap dan berkaitan dengan pendidikan mental.

d.    Unsur kewaspadaan

Dalam hal waspada merupakan paduan antara unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi sesuatu yang mungkin akan dialami. Unsur ini lebih mengarah kepada sika hati-hati seseorang. Cara untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap ini adalah janagn mempunyai sikap perasaan rendah diri, hilangkan perasaan ragu-ragu, bersemangat, bekerja dengan akal sehat dan selalu berpikir positif serta kreatif dan inovatif.


Baca:
Pengertian Komitmen Tinggi Dari Bagian Kewirausahaan

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »