Gunung Paling Mistis di Pulau Jawa

6:28 PM
Alam - Gunung Paling Mistis di Pulau Jawa
Kata mistis biasanya dikaitkan dengan hal-hal yang angker atau berhubungan dengan benda-benda gaib. Di dalam ungkapan gaib biasanya yang dituju adalah tempat-tempat yang jarang disinggahi orang atau tempat-tempat sepi contohmya bukit, lembah atau gunung. Hampir tiap gunung selalu mempunyai cerita rakyat dan legenda, serta kisah mistis tersendiri. Tinggal kita sendiri bagaimana menyikapinya, mau percaya atau tidak. Akan tetapi dikehidupan ini memang dibenarkan adanya kehidupan gaib atau mistis.

Diantara gunung-gunung yang berdiri berdampingan dengan cerita-cerita mistis tersebut hingga saat ini ada beberapa gunung yang masih sering dibicarakan dengan kisah-kisahnya yang sampai sekarang ini masih sangat kental, misalkan contoh dari 5 gunung yang ada di pulau jawa berikut ini :

1. Gunung Salak yang berada di Provinsi Jawa Barat

Pemandangan Gunung Salak
Gunung Salak


Gunung ini letaknya tidak jauh dari ibu kota yang mempunyai trak basah berlumpur dan licin serta hewan pacet yang akan menyertai sepanjang jalurnya. Tidak heran jika tidak banyak orang yang hobi mendaki untuk menaklukan gunung ini, karena selain trak yang sulit dan pemandangan dari puncak pun bisa dibilang rata-rata, selain makam Mbak Salak yang setia menemani.

Walau hanya berketinggian 2200 an meter dari permukaan air laut, gunung salak di klaim sebagai gunung yang paling banyak menewaskan pendaki saat ingin  menggapai puncaknya.

Selain aura mistisnya, Gunung Salak semakin terkenal setelah 2012 kemarin sebuah peswat Sukhoi hancur berkeping-keping setelah menabrak salah satu tebingnya dan menewaskan semua penumpang dan awak pesawat dalam pesawat itu.

Namun walau begitu, Track salak selalu mempunyai penggemar tersendiri. Para pecinta Extreme yang tak pernah bosan untuk menginjakkan kaki di Gunung Salak yang hening dan sunyi.

2. Gunung Ciremai terletak di Provinsi Jawa Barat


Pemandangan Gunung Ciremai
Gunung Ciremai


Gunung ini terletak di antara kabupaten cirebon, kuningan dan Majalengka. Mempunyai tiga jlaur pendakian resmi  yaitu Palutungan, Apuy dan Linggarjati. Namun dari ke tiganya, ciremai terkenal dengan Linggarjatinya, yang biasa disebut sebagai jalur pendakian paling kejam di pulau jawa.

Tak sepereti gunung lain yang Basecamp awal sudah berada di atas ketingiian 1000 an meter dari permukaan air laut. Linggarjati dimulai dari ketinggian 600 an meter dari permukaan air laut. Basecamp Linggarjati adalah basecamp pendakian paling rendah di jawa.

Sajian bagi pendaki disini adalah likuan yang tiada henti. Selain itu, tiap pos mempunyai kisah namanya tersendiri yang tentu berbumbu mistis di setiap kisahnya. Diantaranya adalah Blok Kuburan Kuda, Bapa Tere dan Batu Lingga.

3. Gunung Slamet berada di Provinsi Jawa Tengah

Pemandangan Gunung Slamet
Gunung Slamet


Gunung Slamet adalah gunung yang mendapat label gunung paling tinggi di jawa tengah. Track kepuncaknya beragam, dimulai dari vegetasi rapat sampai jalur pasir, akan dimulai disini.

Jalur vegetasinya adalah hutan yang masih rapat dengan pohon-pohon berukuran di atas rata-rata. Bahkan di beberapa titik, sinar matahari tak sanggup menembus rapatnya vegetasi di Gunung Slamet. Suasana sunyi dan remang-remangnya hutan akan cukup membuat bulu kudung berdiri saat melintasi jalur ini.

Apalagi gunung slamet masih sangat dikramatkan oleh warga sekitar. Bahkan kita tidak disarankan mendirikan camp/tenda disebuah pos bernama Samarantu.

4. Gunung Lawu terletak di Provinsi Jawa Tengah

Pemandangan Gunung Lawu
Gunung Lawu


Gunung lawu ini menjulang tinggi diantara perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Provisi Jawa Timur. Gunung yang diklaim mempunyai suhu paling dingin sejawa ini mempunyai jalur pendakian terbanyak yang paling baru sampai jalur yang sangat lama yang sudah jarang dilewati.

Selain jalur Cemoro Sewu dan Kandang yang terkenal, pendaki juga bisa lewati jalur Tahura yang belum dua tahun diresmikan. Indahnya jalur candi Cetho yang mulai ramai dilewati sampai jalur lawas yang sudah terlupakan seperti jalur Jogorogo dan Wonosari.

Konon di Lawu adalah pusatnya aktivitas makhluk mistis di jawa tengah. Banyak petilasan kuno peninggalan kerajaan-kerajaan zaman dahulu di gunung tersebut. Bahkan Prabu Brawijaya sebagai raja terkahir Majapahit mokso di tempat ini. Jadi tidak heran lagi saat pendaki mendaki gunung ini, pendaki juga akan banyak menjumpai para peziarah yang ngalap berkah, mencari ilmu atau mencari kekayaan ditempat ini.

Dan konon bagi mereka yang bisa "melihat", makhluk-makhluk yang berbentuk paling menyeramkan yang mendiami gunung lawu tersebut.

5. Gunung Arjuno terletak di Provinsi Jawa Timur

Pemandangan Gunung Arjuno
Gunung Arjuno


Dari zaman dahulu, Gunung Arjuno sudah terkenal sebagai tempat pemujaan. Bahkan di jalur Purwosari, kita bisa temui banyak petilasan dan candi-candi kuno di sepanjang jalur pendakian .

Gunung yang terkenal dengan Alas Lalijiwo nya ini juga terkenal dengan banyak kian cerita mistisnya. Pasar malam misterius yang bisa muncul sewaktu-waktu atau suara gendhing gamelan yang menemani saat malam hari dinilai sudah bukan hal aneh lagi di gunung ini. Bahkan beberapa orang menyebut Arjuno adalah Gunung yang seolah tak ingin dikunjungi.

Dari kelima gunung tersebut adalah gunung yang paling mistis atau angker di pulau jawa dan jika anda hendak mendaki sebaiknya berdoa dan berhati-hati. Namun selain itu pemandangan dan keasrian dari alam sangatlah indah dan tentram.

baca juga: Pemandangan alam sungai progo
               : kota terdingin di belahan bumi indonesia

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »