Berbagai Macam Penyebab Munculnya Resiko Usaha

7:43 PM
Usaha yaitu kegiatan yang kerjakan oleh seorang wirausahawan, dalam menjalankan usahanya seorang wirausaha pastinya akan mendapatkan atau menemui suatu masalah dalam pekerjaannya. Masalah dapat membuat kerugian dalam usaha disebut resiko usaha. Dalam usaha resiko selalu ada dan resiko harus dihadapi dan dijadikan tantangan. Namun resiko usaha dapat diminimalis dengan perhitungan yang tepat. Bagi seorang wirausaha resiko bukan hal yang untuk ditakuti melainkan suatu hal yang harus dijadikan pengalam dan motivasi dalam usahanya, ada pun berbagai macam resiko usaha seperti yang sudah di terangkan di halaman sebelumnya. Resiko usaha pastinya juga ada sebab munculnya suatu resiko dan tidak hanya disebabkan oleh satu masalh, namun resiko usah disebabkan oleh berbagai hal dan beragai macam. Resiko usaha yang mungkin muncul di kegiatan usaha dan terjadi dengan berjalannya usaha misalnya:

1. Perubahan permintaan konsumen
Perubahan ini sangat menjadi momok tersendir karena usaha dapat anjlok dengan adanya suatu perubahan permintaan ini, namun jika perubahan permintaan menjadi lebih tinggi itu bukan sebuah resiko melainkan kemajuan perusahaan. Disini perubahan yang menjadi resiko adalah jika permintaan turun dan berkurangnya jumlah permintaan. Turunnya permintaan ini dapat disebabkan dari beberapa faktor misalkan karena perubahan ekonomi, mode, selera konsumen yang menjadi lebih beragam dan modern sehingga dapat mempengaruhi jumlah permintaan dan terjadinya penurunan permintaan pasar.
Apabila hal ini terjadi maka secara otomatis akan menyebabkan kerugian.

Contohnya:
A) Perubahan ekononi
Menyangkut harta dan pemasukan perusahaan dan berujung utang piutang, perdagangan berjangka dan sebagainya yang berkaitan dengan masalah ekonomi.
B) Perubahan model/ gaya
Dalam perkembangan zaman yang semakin maju sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat tentunya model trend semakin maju juga. Misal model gaya hidup orang diera 80-an sangat berbeda dengan diera sekarang dan waktu sekarang dan yang akan datang pastinya juga serupa. Dengan demikian model sangat mempengaruhi jalannya usaha contohnya model pakaian, model sepatu, komunikasi dan transaksi serta apa yang dianggapnya perlu suatu perubahan yang lebih modern.
C) Perubahan selera konsumen
Selera konsumen sangat beragam dari sekian banyak manusia di dunia dan selera orang dapat berubah-ubah setiapa saat tergantung apa yang diinginkan atau sesuai mood. Dalam hal ini perusahaan harus menciptakan model-model yang ngetren setiapa jatuh tempo supaya tidak jatuh produksi.
Contoh yang terpengaruh selara konsumen misalkan: jasa salon, fotocopy, ketering, dan semacamnya yang bersangkutan mengiki perkembangan teknologi.

Macam-macam penyebab resiko usaha
Resiko usaha


2. Perubahan konjungtur yaitu perubahan rekondisi ekonomi yang tidak menentu sehingga dapat mempengaruhi keadaan perusahaan.
Contoh Perubahan konjungtur:
a. Disebabkan karena pengaruh inflasi
b. Pengaruh kegiatan ekspor/ impor
c. Pengaruh akibat terjadinya bencana alam, dan sebaginya yang masih bersangkutan dengan masalah konjungtur.

3. Persaingan
Dalam aktivitas usaha tentu saja ada persaingan antar pengusaha yang menjalankan bisnis yang sama dan mungkin bisnis yang sama tidak hanya dua atua tiga, mungkin lebih. Di persaingan pasar tentu suatu produk unggul yang dapat lirikan konsumen. Di persaingan antar produsen seseorang dapat melakukan apa saja yang dia kehendaki dan berbagai cara yang ditempuh agar menang dalam medan persaingan. Akan tetapi sebagai wirausaha yang memiliki sifat swa-kendali akan melakukan persaingan secara sehat dan terkontrol tanpa menyebabkan kerusakan/ kerugian yang sangat buruk bagi pesaingnya.

Contoh:
a. Persaingan penggunaan alat modern yang mempengaruhi hasil produksi antara lain kualitas barang yang nantinya akan mempengaruhi harga julan produk, selain itu penggunaan tenaga alat modern atau robot dalam operasi perusahaan dapat penghematan tenaga kerja dan pengeluaran perusahaan untuk menggaji karyawan berkurang.
b. Penemuan baru
Bidang penemuan ini sangat berpengaruh terhadap perusahaan satu dengan yang lain dan nantinya akan berujung resiko usaha bagi perusahaan yang kalah dalam hal pengatahuan dan penelitian. Maka dari itu pengembangan dan penemuan di suatu perusahaan harus selalu ada dan berkelanjutan. Misalkan bagaimana teknik produksi yang diperlukan, variasi dan peralatan baru yang lebih unggul.
c. Kondisi perdagangan
Suatu perdagangan adalah bagaimana cara barang itu laku di masyarakat/ konsumen, hal ini sangat mempengaruhi kondisi perusahaan. Sehat atau tidaknya pemasaran akan mempengaruhi kelancaran keuangan. Jika pemasaran lesu mungkin tidak mungkin akan menjatuhkan perusahaan tersebut, di dalam ini pengetahuan marketing sangat diperlukan.
d. Pengaruh musim
Musim, kenapa musim termasuk dalam daftar resiko usaha sedangkan musim tidak membutuhkan produk perusahaan??
Dapat dijawab dengan karena, karena suatu nusim mempengaruhi aktivitas dan kebutuhan suatu kehidupan. Jika musim berubah kebutuhan akan berubah pula, misalkan pada waktu musim hujan seseorang membutuhkan payung atau mantrol dan mengonsumsi produk yang dapat menghangatkan tubuh sedangkan saat musim kemarau orang cenderung lebih membutuhkan minuman dingin dan ber es dari pada jahe hangat atau rempah lainnya. Jadi sebagai wirausaha harus dapat membidik keadaan dengan tepat.

4. Akibat lain misalnya perubahan teknologi, perubahan peraturan dan kebijakan, terjadinya bencana alam.
Supaya aktivitas usaha dapat berjalan sesuai ketentuan maka resiko usaha perlu sesegera disikapi supaya tidak mengganggu tidak memperlambat jalannya usaha kedepan dan kemajuan usaha di masa yang akan datang (masa depan), misalnya membuat persiapan dan perhitungan yang matang dan bersumber.
Akibat-akibat lain dapat juga terjadi antara lain:
a. Perubahan teknologi tepat guna diantaranya alat komunikasi dari surat kemudian handphone, Fax dan internet.
b. Perubahan peraturan
Misalnya:
- Aturan hukum dan pemerintahan
- Aturan pendidikan dan kurikulum
- Aturan lalulintas dan transportasi
- Aturan administrasi pemerintah dan kebijakan.
c. Bencana alam
Hal ini dapat menggangu dan menjadi suatu resiko usaha yang menghambat jalannya operasi perusahaan, misalnya: banjir, gempa, gunung berapi, semburan lumpur panas, angin ribut.

Dari beberapa macam penyebab usaha tersebut mungkin ada beberapa resiko yang dapat terjadi selain dari hal di atas dan sebagai seorang wirausaha akan menyiapkan semua dengan matang-matang dan siap menghadapi segala macam bentuk dari resiko usaha tersebut.

baca juga: cara melindungi usaha resiko usaha

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »