Pengertian dan Pentingnya Semangat Wirausaha

7:27 PM
A.    Pengertian semangat wirausaha
Dalam berwirausaha tentunya semangat sangatlah diperlukan untuk menjalankan suatu proyek operasi karena semangatlah yang akan membawa wirausaha menuju ke masa depan yang cerah atau jalan menuju kesuksesan. Dengan demikian seorang wirausaha wajib memiliki semangat yang tinggi dan etos kerja yang memadai sehingga dapat mendorong kelancaran usaha/ bisnisnya.

Dari beberapa para ahli menerangkan pendapatnya tentang apa itu semangat kerja wirausaha diantaranya adalah :
1.    Menurut pendapat Alex S. Nitisemito, bahwa semangat kerja itu adalah melakukan pekerjaan secara lebih giat, sehingga dengan demikian pekerjaan akan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik.
2.    Sedangkan menurut pendapat Bedjo Siswanto, semangat kerja adalah  suatu kondisi rohanian atau perilaku individu tenaga kerja dan kelompok-kelompok yang menimbulkan kesenangan yang mendalam pada diri tenega kerja untuk bekerja dengan giat dan konsekuen dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan.
3.    Dan berikutnya menurut pendapat dari Alexander Leighten, yang menerangkan bahwa semangat kerja adalah kemamapuan sekelompok orang untuk bekerja sama dengan giat dan konsekuen guna mencapai tujuan.



Dari beberapa pendapat diatas dari para pakar dapat disimpulkan bahwa semangat kerja adalah:
Semangat kerja adalah suatu sikap kewajiban yang dimiliki oleh wirausaha untuk bekerja lebih giat dengan mencurahkan segala kemampuan yang dimiliki, sehingga dapat menjalankan dan mencapai tujuan usaha secara optimal. Semangat kerja terkait dengan kegairahan kerja dan kegairahan itu dapat membuat suatu pekerjaan yang dikerjakan disenangi dengan rasa yang mendalam sehingga suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan penuh perhitungan. Sehingga wirausaha yang bekerja dilandasi dengan semangat dan kegairahan kerja cenderung tidak cepat lelah dalam bekerja.


Pentingnya semangat wirausaha
Pentingnya semangat wirausaha






B.    Pentingnya semangat wirausaha dalam menjalankan usaha
Semangat kerja sangat penting dalam berwirausaha karena dengan semangat kerja yang dilandasi dengan niat yang bersih dalam menjalankan usahanya akan diperoleh 6 kebaikan antara lain:
1.    Pekerjaan lebih cepat diselesaikan, karena dengan dilandasi semangat kerja yang tinggi akan menambah kecintaan seseorang dalam menjalankan tugas usahanya.
2.    Kerusakan dapat dikurangi, karena dengan ketelitian dan ketekunan dari semangat kerja yang tinggi maka akan menambah kehati-hatian seseorang dalam bekerja sehingga pekerjaan itu tidak mengalami cacat atau kerusakan yang fatal.
3.    Absen dan perpindahan karyawan dapat diperkecil
4.    Tercapai efisiensi kerja, karena dilandasi dengan semangat kerja yang tinggi maka suatu pekerjaan akan dapat mencapai efisiensi yang pas dan tepat.
5.    Tercapai produktifitas kerja yang tinggi
6.    Lebih cepat mencapai kemajuan usaha, karena kemajuan suatu usaha dipengaruhi oleh kinerja wirausaha dan karyawannya maka dengan semangat kerja yangtinggi suatu kemanjuan dalam usaha akan dapat lebih cepat tercapai.
Jadi dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa semangat adalah sautu modal dalam memulai usaha yang nantinya akan digelutinya dan juga sebagai pendorong seorang wirausaha dalam bekerja supaya dapat prestasi dan keuntungan nantinya.


Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »