PERILAKU KERJA PRESTATIF SEORANG WIRAUSAHA

12:12 AM

Bisnis - Pengertian perilaku kerja prestatif


Dalam berwirausaha perilaku kerja prestatif sangatlah diperlukan karena kerja prestatif adalah modal utama bagi seorang wirausahawan untuk mencapai kesuksesan dalam bisnisnya. Prestatif dalam hal ini adalah berarti seorang wirausaha harus memiliki ambisi untuk maju di segala bidang, guna untuk menyesuaikan diri pada suatu keadaan yang sedang dialami dan sedang terjadai saat itu. Daiantaranya adalah menyesuaikan diri pada saat terjadi :
1.    Persaingan pasar bebas
2.    Perubahan dunia yang semakin cepat
3.    Derasnya arus informasi yang semakin cepat dan menggelobal tanpa mengenal batas suatu Negara.

Hakekat persaingan bebas adalah persaingan di segala hal, bidang, dan sehingga dalam persaingan tersebut wirausaha akan dihadapkan oleh tiga hal yang kemungkinan akan terjadi diantaranya ialah menang, bertahan atau tergilas.


baca: mendorong semangat kerja dan faktor-kator yang mempengaruhi semangat kerja
 


Perubahan yang semakin cepat terutama dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan dan semakin derasnya arus informasi menuntut sikap kerja prestatif kepada setiap wirausaha. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang pesat wirausaha harus siap dan mempersiapkannya dari awal supaya kekokohan usahanya dapat diperolehnya.

PERILAKU KERJA PRESTATIF SEORANG WIRAUSAHA
Pengertian perilaku kerja prestatif



Menurut Stephen Covey dalam bukunya First Thing’ Frist tertulis ada empat sisi potensial yang dimiliki manusia untuk maju yaitu :
1.    Self Awareness yaitu sikap mawas diri
2.    Couscience atau mempertajam suara hati
3.    Independent Will atau pandangan independen untuk bekal bertindak
4.    Creative Imaginotion atau berpikir mengarah ke depan untuk memecahkan suatu masalah dengan imajinasi serta adaptasi yang tepat, cepat dan terarah.

Sedangkan pendapat yang datang dari Zimmerer tentang karakteristik wirausaha yang berhasil karena bekerja secara prestatif adalah sebagai berikut :
1.    Memiliki komitmen tinggi terhadap tugas atau pekerjaanya.
2.    Mau bertanggung jawab
3.    Mampunyai obsesi untuk mencapai prestasi tinggi dan bisa diciptakannya
4.    Toleransi untuk mencapai resiko kebimbangan dan ketidakpastian
5.    Yakin pada dirinya
6.     Kreatif dan fleksibel
7 .    Ingin memperoleh balikan dengan segera
8.     Enerjik seorang wirausaha lebih baik dibandingkan dengan rata-rata orang lain
9.     Motivasi untuk lebih unggul
10.   Berorientasi ke masa depan
11.   Mau belajar dari kegagalan
12.   Mempunyai kempuan untuk memimpin
Dari pengertian kerja prestatif tersebut dan dari pendapat dari beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa seorang wirausaha harus memiliki jiwa yang kreatif, inovatif dan update segala informasi dalam bentuk apapun dan selau melakukan pekerjaannya denagan ikhlas dan bertanggungjawab serta tabah dalam setiap ujian.


artikel terkait: MEMBANGUN KOMITMEN TINGGI TERHADAP PENGENDALIAN DIRI

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »