MENGENAL MACAM-MACAM KARAKTERISTIK WIRAUSAHA dan PENJELASANNYA

11:28 PM


Karakteristik adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki pribadi seseorang. Jadi karakteristik wirausaha adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki seorang pengusaha dan yang membedakannya dengan orang lain.
Supaya lebih jelas apa itu karakteristik wirausaha di bawah ini dikemukakan beberapa pengertiah karakter wirausah oleh pendapat dari empat (4) ahli di bidangnya yaitu:

cara melindungi usaha dari resiko

Pendapat para ahli mengenai karakteristik wirausaha

1. Bygrave
Dalam pendapatnya bygrave mengemukakan pengertian karakteristik wirausaha ada 10 karakter yang dikenal dengan istilah 10d, dan berikut pengertiannya:

a. Dream (mimpi)
Yaitu seorang wirausaha memiliki visi keinginan terhadap masa depan dirinya dan bisnisnya dan mempuntai kemampuan untuk mewujudkn impiannya usahanya tersebut.

b. Decisiveness (keputusan)
Seorang wirausaha tidak lambat dalam bekerja. Mereka membuat keputusan dengan cepat dan tepat dengan penuh perhitungan dan kecepatan dan keteparan dalam mengambil keputusan adalah kunci kesuksesan dalam kemajuan bisnisnya.

c. Doers
Dalam membuat keputusan seorang wirausahawan akan langsung ditindaklanjuti dan melaksanakan dengan secepat mungkin. Wirausaha tidak akan menunda-nunda peluang yang baik untuk dalam bisnis mereka.

d. Determination (ketepatan/ keunggulan)
Dalam melaksanakan pekerjaannya seorang wirausaha melakukan dengan penuh pergatian dan rasa tanggung jawab yang tinggi dan tidak mudah menyerah walaupun dihadapkan pada halangan dan rintanfan yang mungkin tidak dapat diatasinya.

e. Dedication
Dedikasih seorang wirausaha terhadap bisnisnya sangat lah tinggi dan bahkan kadang-kadang sampai mengorbankan kepentingan keluarga dan orang tercintanya.

f. Devation (daya tahan)
Dalam menjalankan usahanya pelaku wirausahawan tidak kenal lelah dan perhatian serta kegiatannya dipusatkan terhadap bisnisnya.

g. Details
Wirausaha harus sangat detail dalam melakukan pekerjaannya, memperhatikan faktor-faktor kritis secara terperinci dan tidak akan mengabaikan faktor yang sekecil mungkin yang dapat menghambat jalannya kegiatan berbisnis.

h. Destiny
Seorang pengusaha bertanggung jawab secara penuh terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai dalam usahanya dan merupakan orang yang bebas dalam hidupnya dan tidak mau tergantung kepada orang lain.

h. Dollars
Mencapai kekayaan bukan tujuan utama wirausaha dan uang bukan sebagai motivasinya dalam berwirausaha. Uang sebagai alat ukur kesuksesan bisnisnya dengan pandangan jika sukses dalam bisnisnya ia pantas dan berhak menerima laba, bonus atau hadiah.

i. Distribute
Seorang wirausaha mau bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang yang dapat dipercaya yang mau kritis dan diajak mencapai kesuksesan bersama dalam bidang usahanya.

2. Fadel Muhammad
Fadel muhammad berpendapat bahwasannya ada 7 ciri yang merupakan suatu identitas bagi seorang wirausaha antara lain:
a. Bekerja ekonomis dan efisien
b. Cara pengambilan keputusan
c. Inovasi
d. Kepemimpinan
e. Sikapa dan tanggung jawab terhadap perubahan
f. Sikap terhadap resiko
g. Visi masa depan

3. Menurut Drs. Wasty suemarto, M.Pd
Yaitu  ada tanda manusia wiraswasta adalah kepribadian kuat dengan ciri-ciri sebagai berikut:
a. Memiliki moral yang tinggi
b. Sikat mental wiraswasta
c. Kepekaan terhadap arti lingkungan
d. Memiliki keterampilan wirausaha

4. Mc. Celland
Mengemukakan bahwa wirausahawan memiliki karakter:
a. Keinginan untuk berprestasi
b. Keinginan untuk bertanggung jawab
c. Preferensi kepada resiko-resiko menengah
d. Persepsi kepada kemungkinan hasil
e. Rangsangan oleh umpan balik
f. Aktivis energik
g. Berorientasi ke masa depan
h. Keterampiln dalam perorganisasian
i. Sikap tentang uang


berbagai macam penyebab munculnya resiko usaha

karakteristik wirausaha
KARAKTERISTIK WIRAUSAHA 
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa karakteristik wirausaha yang perlu dimiliki dan dikembangkan adalah:
1) Disiplin
Disiplin adalah perilaku yang dimiliki wirausahawan untuk mengatur dan mengontrol kelakuan seseorang untuk mencapai tujuan dengan aturan tertentu.

2) Mandiri
Sikap untuk tidak menggantungkan apa yang akan dilakukan tanpa diikutsertakan campur tangan dengan orang lain dan dikerjakan dengan kemampuan sendiri sekaligus berani mengambil resikonya.
Dalam kemandirian ada 6 kekuatan mental yang dapat membentuk kepribadian yaitu:
a. Kemauan yang keras
b. Berkeyakinan kuat atas kekuatan pribadi. Untuk itu diperlukan kepercayaan pada diri sendiri, pemahaman tujuan dan kebutuhan.
c. Kejujuran dan tanggung jawab maka dari itu dibutuhkan moral yang tinggi dan disiplin diri.
d. Ketahanan fisik dan mental berupa kesehatan jasmani dan rohani, kesabaran dan ketabahan juga ikut berperan.
e. Ketekunan dan keuletan dalam bekerja sangat dibutuhkan
f. Memiliki pemikiran yang konstruktif.

3) Realistis
Berfikir sesuai kenyataan dengan menggunakan akal sehat. Dengan melihat kenyataan seseorang akan berfikir lebih maju, intropeksi diri untuk menutupi suatu yang kurang dan dapat menimbulkan sikap opimis serta kemandirian.

4) Komitmen yang tinggi
Yaitu perilaku yang selalu memfokuskan diri kepada tugas dan usahanya dengan upaya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Seorang wirausahawan yang memiliki komitmen tinggi adalah orang yang mentaati jajinya untuk slalu memajukan bisnisnya dan menciptakan keperayaan kepada orang lain kepada dirinya.

5) Jujur
Kejujuran sangatlah diperlukan dalam suatu usaha yaitu untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen atau mitra bisnisnya. Dengan jujur dan mendapatkan kepercayaan orang lain dapat mempengaruhi bagaimana bisnisnya akan berlangsung kedepannya karena jika memiliki dan diberi keparcayaan orang lain dapat dipercaya dan akan berdampak pada kemajuan dan kesuksesan dalam bisnis tersebut.

6) Kreatif dan inovatif
Kreatif yaitu dapat menciptakan hal baru atau produk baru sedangkan inovatif adalah proses merubah peluang usaha menjadi suatu gagasan yang dapat menghasilkan uang. Suatu yang baru belum tentu dapat dibilang inovatif jika yang dihasilkan tidak merupakan sesuatu yang lebih baik.



Artikel terkait:
Sarana dan Alat Bantu Dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan












Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »