Sarana dan Alat Bantu Dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

5:15 PM

Teori - Untuk menentukan suatu keputusan tentu tidak hanya diambil suatu keputusan begitu saja, namun dalam pengambilan sebuah keputusan itu dapat menggunakan alat bantu. Alat bantu digunakan untuk mempermudah menganalisa pengambilan putusan tersebut. Alat bantu disini merupakan sebuah teori tentang tahap-tahap di dalam pengambilan keputusan yang akan dicapai. Dengan menggunakan alat bantu maka nantinya seorang wirausaha dapat menentukan menetapkan suatu keputusan yang telah diperoleh atau melanjutkan untuk mencari keputusan yang lainnya.

Alat bantu dalam pengambilan keputusan adalah sebagai sarana yang dapat digunakan dalam mengambil suatu keputusan. Ada dua teori alat bantu yang dapat digunakan untuk sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan antara lain :

 
Sarana dan alat bantu dalam pengambilan keputusan usaha
Teori probabilitas dan pohon keputusan



Teori yang yang digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan.

1.       Teori probabilitas
Teori ini yaitu teori yang menunjukan besarnya kemungkinan terjadi suatu kejadian. Teori ini menggunakan rumus perhitungan yang matematis. Hasil perhitungannya dapat digunakan untuk memperkirakan nilai yang diharapka untuk tiap-tiap alternative yang dipilih.

Rumus :
EV = I x P

Keterangan :
EV = Expected value ( nilai yang diharapkan )
I = income ( pendapatan yang dihasilakn )
P = Probabilitas ( besarnya probabilitas pendapatan )

2.       Teori pohon keputusan
Teori pohon keputusan adalah sebuah bagian dari tiap-tiap keputusan yang diambil oleh seorang wirausahawan dan disetiap keputusan yang telah diambil tersebut akan diperlukan suatu kondisi di mana wirausaha tersebut harus mengambil keputusan lagi.

Contoh:
Teori pohon keputusan

 
TEORI POHON KEPUTUSAN
POHON KEPUTUSAN



Itulah contoh dari teori pohon keputusan yang dapat digunakan untuk membuat atau mengambil sebuah keputusan dalam sebuah perusahaan. kedua teori tersebut biasanya digunakan dalam pengambilan keputusan dalam usaha. sebagai sarana dan alat bantu dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan kedua teori tersebut biasanya berkaitan, bila tidak bisa ditemukan dengan teori probabilitas dapat menggunkan teori pohon keputusan, begitu juga sebaliknya bila keputusan tidak ditemukan dalam penggunaan teori pohon keputusan maka dapat menggunkan teori probabilitas sebagai alternatifnya.


Artikel terkait:
Macam Jenis Keputusan dan Kondisi Pembuatan Keputusan Usaha,
Dasar Dan Teknik Dalam Membuat Keputusan Usaha

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »