EVALUASI DALAM UPAYA MENGURANGI RESIKO USAHA

7:04 PM
Evaluasi - Menjalankan sebuah usaha tidaklah semudah membalikan telapak tangan yang dengan mudahnya dapat dilakukan setiap orang. Dalam menjalankan sebuah usaha sangat diperlukan ketekunan, ketelitian, kepekaan dan keahlian di suatu apa yang akan dikerjakan. Usaha yang besar dimulai dari perbuatan kecil yang dibesarkan dengan penuh sabar, tawakal dan kegigihan untuk mendapatkan hal yang besar tersebut. Untuk menuju kemajuan dan kesuksesan sebuah usaha tidaklah mudah, harus dilandasi dengan percaya diri yang kuat. Melalui berbagai macam halangan dan rintangan bukan suatu hal yang tidak mungkin. Seorang wirausaha yang memiliki komitmen tinggi dan etos semangat kerja yang ampuh akan terus berjuang untuk membawa usahanya ke depan pintu kemenangan/ kesuksesan.

EVALUASI RESIKO USAHA
MENGURANGI RESIKO DALAM USAHA 


Supaya dapat menuju kesuksesan usaha seorang wirausaha sejati tentu akan memperhatikan point-point mengenai komitmen tinggi, rela berkorban, kerja prestatif dan sebagaimana seorang wirausaha tersebut bertindak sebagai seorang entrepreneurship. Sebagaimana tindakan entrepreneur seseorang harus bisa melihat ke depan dengan memperhatikan hal-hal yang dapat dijadikan sebagai peluang dalam usaha yang dijalankan. Mulai dari perencanan hingga proses operasi harus dapat dikuasai.

Hal yang diperhatikan setidaknya yaitu penyiapan alat produksi, resiko yang akan dihadapi, prosedur pengoperasian perusahaan, evaluasi upaya dalam mengurangi resiko usaha hingga pemasaran barang. Di bagian ini akan membahas evaluasi perusahaan dalam menghadapi resiko usaha saat menjalankan operasi perusahaannya. Mengevaluasi resiko usaha sangat diperlukan karena akan bisa mengatasi masalah yang natinya akan terjadi dalam sebuah usaha.

Beberapa upaya agar berhasil secara efektif dalam menjalankan proses mengurangi resiko yang muncul dalam suatu usaha yaitu meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.    Siapkan sedini mungkin sebuah tim inti khusus untuk menilai visi sasaran yang konsisten.
2.    Memastikan jenis aktivitas yang tidak sama/ berlainan.
3.    Tentukan informasi yang diambil dari aktivitas awal oleh tim atau bagian lain yang memerlukan informasi untuk aktivitas lainya atau yang akan datang.
4.    Dukung penggunaan informasi parscal yaitu komnikasi yang efisien dan terbuka dengan kepercayaan tinggi dan memungkinkan seseorang untuk beraktivitas sebelum tugas utama selesai.
5.    Pastikan resiko usaha yang tumpang tindih dinilai dan dipertimbangkan dengan baik.
6.    Pastikan procedure persetujuan fase peroperasi dengan lancar.
7.    Perkuat tim pengembang untuk membuat sebanyak mungkin keputusan dna tidak harus keluar dari tim.
8.    Jangan sekali-sekali mencoba meniru perencanaan perusahaan lain.
9.    Kembangkan interprestasi sendiri dengan mematuhi prinsip yang telah disepakati.
10.    Terapkan pengembangan bertahap ( incremantal devolepment ) bila memungkinkan untuk diterapkan.

Dari sekian nomer tersebut adalah dari beberapa upaya untuk mengurangi resiko dalam usaha agar dapat diperoleh keberhasilan secara efektif dengan evaluasi.


Artikel terkait:

Mengelola Managemen Usaha dan Resiko Yang Terdapat Dalam Managemen

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »