Tahap-Tahap Pengambilan Keputusan Berdasarkan Skala Prioritas

11:41 PM
Bisnis - Tahapan dalam pengambilan sebuah keputusan tidak dibuat dengan seenaknya atau begitu saja. Dalam pengambilan keputusan harus ada dasar dan alasannya untuk membuat keputusan. Dengan memperhatikan aspek dan perangkat perusahaan serta akibat yang dapat ditimbulkan dari keputusan yang diambil tersebut. Pada waktu pengambilan keputusan setelah memperhatikan aspek-aspek perusahaan kemudian yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pengambilan keputusan tersebut berdasarkan prioritas atau skala prioritas.

Seperti arti yang dijelaskan dalam kamus besar bahasa Indonesia yaitu skala mepunyai arti skala/ska•la/ n 1 garis atau titik tanda yang berderet-deret dan sebagainya yang sama jarak antaranya, dipakai untuk mengukur, seperti pada termometer, gelas pengukur barang cair; 2 lajur yang dipakai untuk menentukan tingkatan atau banyaknya sesuatu (seperti pada peraturan gaji dan pada daftar bunga uang); 3 perbandingan ukuran besarnya gambar dan sebagainya dengan keadaan yang sebenarnya. Dan prioritas itu pun juga memiliki arti sendiri yaitu prioritas/pri•o•ri•tas/ n yang didahulukan dan diutamakan daripada yang lain. Maka dari itu skala prioritas dapat diartikan sebagai berikut, Skala prioritas diperlukan untuk mengetahui atau mengukur seberapa tepat sebuah aternatif tersebut untuk diterapkan pada pengambilan putusan tersebut dengan alternative yang utama lainnya.

Tahap Pengambilan Keputusan Berdasarkan Skala Prioritas
Pengambilan keputusan berdasar skala prioritas

Tahap-tahap pengambilan keputusan berdasarkan skala prioritas yaitu dengan langkah sebagai berikut:

1.    Mengidentifikasi masalah
Dengan mengidentifikasi masalah diharapkan nantinya dapat dilakukan dengan cara menetukan fakta-fakta yang terkait dari masalah tersebut dan dalam pengumpulan informasi fakta tersebut jangan dicampuradukkan  antara fakta dengan opini/ pendapat yang belum diketahui kebenarannya.

2.    Mencari alternative pemecah lain
Setelah semua masalah dikaji dan terkumpul serta dapat dipahami langkah selanjutnya yang dapat ditempuh yaitu dengam melakukan alternative yang sudah ada. Melaksanakan alternative yaitu dengan menyusun alternative yang paling diinginkan dan hingga sampai dengan alternative yang paling tidak diinginkan.

3.    Memilih alternative
Dalam pemilihan alternative, alternative yang harus dipilih adalah alternative yang birsifat logis, dapat dilaksanakan serta memperhitungkan akibat yang ditimbulkan dari pelaksanaan alternative terpilih tersebut.
Untuk kelangsungan dalam pemilihan alternative maka harus diperhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:
a.    Memperhitungkan dampak positif dan negative dari setiap alternative yang ada.
b.    Memperhitungkan seberapa besar kemungkinan dampak dari setiap alternative tersebut.
c.    Jadikan tujuan sebagai pedoman, dengan berpedoman tujuan sebagai penerang langkah.

4.    Pelaksanaan alternative terpilih
Setelah semua dilalui dengan urutan yang sewajarnya langkah selanjutnya yaitu menerapkan pelaksanaan alternative yang dipilih, penerapan alternative yang dipilih nantinya akan mempengaruhi hasil akhir. Oleh sebab itu maka pelaksanaan harus sesuai dengan rencana supaya nanti dalam operasi dapat tercapai tujuan dari diadakannya pemilihan alternative tersebut.

5.    Evaluasi alternative
Fungdi dari diadakannya evaluasi alternative adalah untuk mengetahui apakah alternative yang dipilih telah sesuai dengan rencana atau belum.

Skala prioritas diperluakn dalam mempertimbangkan pemilihan sebuah alternative, karena digunakan untuk mengetahui ukuran atau sebagai alat untuk mengetahui ukuran dari alternative tersebut.



Artikel terkait:
Aspek Dan Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Pengambilan Keputusan

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »