Pengertian Dari Ideologi Suatu Bangsa

11:32 PM
Ideologi - Ideologi dibentuk dari kata idea dan logos, idea yang berarti pemikiran atau gagasan, dan sedangkan kata logos memiliki arti pengetahuan. Dengan demikian arti dari pengertian ideologi adalah ilmu pengetahuan tentang ide-ide, tentang keyakinan atau tentang gagasan. Ideology sangat berperan dalam suatu bangsa karena ideologi dapat mencerminkan dari kondisi suatu bangsa tersebut. Sehingga terkadang ideologi diartikan sama dengan pandangan hidup suatu bangsa.
Ideologi Suatu Bangsa
Pengertian ideologi suatu bangsa


Demikian juga dengan Negara kita yaitu Negara Kesatuan Republic Indonesia ini memiliki ideologi bangsa yang lain dari pada lain berbagai Negara. Negara kita memiliki ideologi sendiri yaitu pancasila, atau sering disebut ideologi pancasila. Dan ideology pancasila di Indonesia ini memiliki sifat terbuka, yaitu pancasila sebagai ideologi terbuka dimaksudkan bahwa ideologi pancasila adalah bersifat actual, dinamis, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman , ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan masyarakat.

Lalu bila dipokokan arti dari ideologi adalah seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis. Pedoman tentang cara hidup, atau tatanan yang hendak dituju oleh suatu kelompok dalam arti kelas atau Negara, dan serta dipegang teguh oleh suatu kelompok yang meyakini ideologi tersebut sebagai pandangan hidup.

Jadi, ideologi merupakan hasil refleksi atau perenungan manusia terhadap dunia di dalam kehidupannya. Maka dari itu semakin dalam suatu manusia menghayati terhadap ideologi tersebut maka semakin mantap pula tekad untuk melaksanakan ideologinya tersebut.


Artikel terkait:

PENGERTIAN, FUNGSI, KEKUATAN DAN CIRI IDEOLOGI

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »