Factor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membuat Keputusan

11:28 PM
Bisnis - Semua tindakan selalu ada akibatnya, maka dari itu dalam semua aktivitas yang kita lakukan sebelum bertindak mestinya mempertimbangkan dulu apa dari resiko yang diperbuat. Berfikir lebih matang dan tidak gegabah dalam bertindak. Semua harus direncanakan terlebih dahulu dengan penuuh perhitungan da pertimbangan. Jika tidak nantinya jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan akan menjadi kerugian bagi kita sendiri, bhkan bisa terjadi kerugian pada orang lain. Maka dari itu sebuah keputusan perlu memperhatikan factor apa saja yang dapat mempengaruhi jalannya pengambilan keputusan dalam usaha dan apa dampaknya nantinya untuk perusahaan juga. Karena suatu keputusan akan mempengaruhi jalannya kegiatan operasi perusahaan dan sebaliknya operasi perusahaan akan di pengaruhi dengan keputusan yang sudah dipilih. Jadi dalam pengambilan keputusan harus memperhatikan faktor-faktor dengan serius.

Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membuat Keputusan Perusahaan
Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membuat Keputusan

Adapun factor-faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat keputusan adalah sebagai berikut:

1.    Factor manusia/ orang ( human factors )
Factor orang yang perlu diperhatikan dalam sebuah keputusan, yaitu orang-orang yang nantinya akan merasakan masalah atau akibat yang muncul dari kebijakan pengambilan keputusan tersebut.

2.    Factor psikologis ( psychological factors )
Dalam pembuatan suatu keputusan perlu adanya perhatian terhadap factor psikologis, baik itu yang terasa maupun yang tidak terasa, seperti halnya emosional, pikiran, perasaan, kekecewaan, dan pengaruh lainnya yang berhubungan dengan kejiwaan orang lain.

3.    Factor fisik ( physical factors )
Di dalam pembuatan keputusan harus memperhatikan kondisi fisik karena pembuatan keputusan merupakan pekerjaan mental, maka dalam tindakan pengambilan dan pembuatan keputusan tersebut peru ditransferkan waras atau tidaknya fisik.

4.    Factor sasaran ( factors target )
Dalam pembuatan keputusan harus mengarah ke bisnis, mendorong dan memperhatikan kearah usaha/ bisnis.

5.    Factor waktu ( The time factor )
Saat berlangsungnya pembuatan suatu keptusan harus memperhatikan waktu yang ada, dalam pembuatan harus menggunakan waktu sebaik mungkin secara efektif dan efisien dan cukup untuk menganalisa data-data dan permasalahan yang dihadapi.

6.    Factor pelaksanaan ( factors execution )
Factor pelaksanaan ini merupakan follow – up dari setiap keputusan yang telah diambil dan disahkan, kemudian setelah itu yang selanjutnya dilakukan adalah mengingat pula bahwa setiap keputusan akan menimbulkan sauatu rangkaian tindakan di dalam membuat suatu keputusan tersebut.

Maka dari itu faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan tersebut harus diperhatikan benar saat proses pengambilan keputusan agar nantinya tidak terlalu memerlukan perlakuan khusus dalam penanganannaya.




Artikel terkait:
Pengertian Tentang Pengambilan Keputusan Dalam Perusahaan

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »