Kesadaran Manajer Terhadap Strategi Perusahaan dan Pengembangan Bertahap

5:47 PM
  • Kesadaran manajer terhadap strategi perusahaan di masa lalu
Kesadaran manajer - Kesadaran manajer terhadap strategi perusahaan di masa lalu akan mempengaruhi keputusan strategi di masa sekarang atau di masa yang akan datang. Strategi Masa Lalu ( SML ) adalah titik awal dalam pemilihan strategi masa sekarang dan akibatnya mungkin mengeleminasi beberapa strategi. Atau dapat diartikan bahwa pemilihan strategi di masa lalu dapat dijadikan patokan untuk memilih strategi yang akan digunakan saat ini.

Kesadaran manajerial terhadap strategi dan pengembangan
Kesadaran manajerial terhadap strategi





Menurut seorang ahli yang bernama Henry  Mintzberg menyatakan simpulan bahwa pemilihan strategi di masa lalu sangat kuat pengaruhnya pada pemilihan strategi periode berikutnya.

Dari penjelasan yang di simpulkan oleh ahli tersebut maka dapat diambil beberapa penjelas pernyataan sebagai berikut :
1.    Strategi masa sekarang lebih berkembang dari strategi di masa lalu yang sudah lewat dan dikembangkan oleh pemimpin yang sangat kuat.
2.    Jika strategi diprogramkan dan momentum birokrasi dibiarkan berkembang  dan manajer puncak sebagai pembuat keputusan untuk mendorong strategi dan selanjutnya manajer bawah menarik lebih dekat. Jadi merupakan kegiatan mendorong menarik.
3.    Jika strategi tersebut mulai mengarah kearah kegagalan karena pengaruh perubahan kondisi yang sedang berjalan bersamaan, maka perusahaan mencangkokan substrategi baru diatas strategi lama dan kemudian selanjutnya hanya mencari strategi lain yang baru.
4.    Sebagaimana perubahan lingkungan yang lebih sering terjadi mulai mempertimbangkan secara serius strategi pengurangan kombinasi atau pertumbuhan yang disarankan oleh beberapa eksekutif sebelumnya tetapi telah diabaikan.

  • Pengembangan bertahap
Pengaruh pengembangan sangatlah besar dengan masalah kecil yang campur aduk menjadi satu dan menjadi sebuah pengembangan besar. Dalam hal ini dapat menjadi sebuah jebakan bagi suatu perusahaan yang sedang melakukan pengembangan produk yang besar. Pada pelaksanaan proyek pengembangan yang besar mempunyai cukup banyak permasalahan yang akan dihadapi pengembang tersebut, diantara masalah tersebut yaitu :



Permasalahan yang akan dihadapi saat perusahaan saat melakukan proyek pengembangan besar.
1.    Lambatnya reaksi perubahan di pasaran.
2.    Mengalami kenaikan pertumbuhan dalam interaksi antara unsur produk dan anggota tim.
3.    Timbal balik umpan dari pengguna menjadi lamban, yang dapat mengakibatkan kesempatan untuk belajar dari pengalaman menjadi terhambat atau bahkan bisa hilang.
4.    Semakin besar proyek maka semakin besar pula pelayanan yang digunakan seluruh anggota tim.
5.    Seringkali pengembangan besar dilakukan karena melewati usaha bersaing.
6.    Suatu proyek besar tentunya bisa menjadi daya Tarik dengan sendirinya sehingga konsentrasi ditujukan pada proyek yang dilakukannya sendiri/ pribadi.
7.    Di operasi proyek besar biasanya selalu menonjolkan teknologi yang modern.
8.    Harapan pelanggan barangkali berlebihan.
9.    Kesempatan kepada pesaing yang bergerak cepat dengan belajar dari diri sendiri.

Jadi dalam pelaksanaan manajerial dan pengembangan suatu produk dalam lingkup perusahaan sangatlah terkait karena strategi yang digunakan manajer berfungsi untuk mengembangkan suatu produk supaya perusahaan tetep berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.


Artikel terkait: Sikap manajerial saat menghadapi resiko dalam usaha.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »