Khasiat Yang Terdapat Dalam Ubi Telo Ungu Untuk Kesehatan

1:54 AM
Kesehatan - Dalam hal meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, ada berbagai macam tumbuhan dan sayur-sayuran yang dapat dimanfaatkan, salah satunya yakni Ubi telo ungu. Ubi telo ungu ini sangat baik bagi kesehatan karena banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, serta mengandung banyak senyawa alami yang sangat berguna jika dikonsumsi dalam jumlah wajar bagi kesehatan tubuh kita. Maka tak heran, jika sekarang ini banyak yang memburu ubi jenis ini dan menyukai jenis ubi-ubian ini sebagai hidangan makanan di setiap harinya. Ubi ungu mengandung berbagai macam Serat, Protein, Kalium, Magnesium, Vitamin C, Vitamin A, Antosianin, serta berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam ubi tersebut, Menjadikan Ubi ungu sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

baca: manfaat buah ubi singkong bagi kulit
Jadi tidak ada salahnya jika kita menambahkan makanan jenis ubi ini ke dalam menu santap makan kita sehari-hari. Dengan begitu, kesehatan tubuh kita akan selalu tetap terjaga, serta bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tertentu yang mengganggu kesehatan tubuh.


Khasiat Ubi Telo Ungu Untuk Kesehatan
Tanaman ubi telo ungu


Untuk mengetahui seberapa besar manfaat dari kelezatan yang dapat diperoleh dari ubi ungu ini bagi kesehatan tubu, ini dia ulasannya.

1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan Pectin serta Serat alami yang terkandung dalam Ubi ungu sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga dengan kondisi pencernaan yang lancar, Maka sekaligus akan mencegah berbagai gangguan pada tubuh seperti Sembelit, Wasir, dan sejenisnya. Oleh karena itulah Ubi ungu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan ekskresi.

2. Mencegah Kanker ( Anti Kanker )

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat mengganggu kesehatan tubuh dan berbahaya jika tidak cepat ditngani bahkan bisa merenggut nyawa. Namun dengan adanya zat Iodine dan Selenium yang terdapat dalam Ubi ungu, Maka akan membantu menangkal timbulnya sel kanker dalam tubuh. Sementara kandungan Iodine dan Selenium pada Ubi ungu sangatlah tinggi, yaitu dapat mencapai 20 kali lebih besar dibandingkan dengan jenis ubi lainnya. Dengan begitu, Ubi ungu ini bisa berfungsi sebagai bahan alami anti kanker.

3. Membantu Mengatasi Asma Dan Gejalanya
Seperti pada umumnya, Jenis penyakit Asma memang tak dapat disembuhkan secara total. Sementara penyakit Asma sendiri disebabkan oleh organ paru-paru yang susah untuk mengembang. Namun, Ubi ungu akan membantu mencegah dari sering kambuhnya penyakit Asma tersebut. Sehingga dengan mengonsumsi Ubi ungu secara rutin dan teratur, Maka penyakit Asma tidak akan sering kambuh lagi dalam waktu dekat.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Ubi ungu memiliki zat Antosianin, Kandungan Antosianin yang terdapat dalam Ubi ungu, Berperan untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal tersebut karena kandungan Antosianin berfungsi sebagai penyerap polusi dari udara, serta sebagai Antioksidan dalam tubuh. Dengan adanya fungsi Antosianin tersebut, Maka secara tidak langsung pembekuan darah pun bisa tercegah, serta peredaran darah bisa menjadi lancar.

5. Menyehatkan Organ Jantung

Untuk menjaga agar organ jantung bisa tetap sehat, Maka Ubi ungu bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alaminya. Hal ini karena kandungan Antosianin yang ada pada Ubi ungu, Akan berperan dalam menjaga kesehatan detak jantung, Sehingga bisa tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan Antosianin pada Ubi ungu juga bisa membantu untuk menyehatkan organ hati, serta membantu mencegah penyakit stroke.
6. Menyehatkan Mata
Ubi ungu juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Hal demikian karena adanya kandungan Betakaroten dan Vitamin A pada Ubi ungu sangatlah tinggi. Sementara Betakaroten itu sendiri akan diubah menjadi Vitamin A, Yang mana akan menyuplai sekitar 200% Vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itulah Ubi ungu ini sangat baik untuk membantu mensuplai kebutuhan Vitamin A pada mata.

7. Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Secara umum, Penderita Diabetes harus selektif dalam mengonsumsi berbagai macam makanan, terutama pada makanan yang manis dan mengandung gula. Maka dari itu Ubi ungu dapat dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti bagi penderita diabetes. Hal tersebut karena Ubi ungu memiliki tingkat glycemic index atau GL yang lebih rendah dari pada Nasi ataupun Roti. Yang mana GL menandakan cepat maupun lambatnya pada makanan dalam menaikkan konsentrasi gula darah pada tubuh manusia. Maka dengan adanya dampak gula darah yang sangat minim pada Ubi ungu ini, menjadikan makanan ini sebagai pilihan yang baik bagi penderita Diabetes.

Itu lah beberapa dari manfaat yang terdapat dalam ubi ungu yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh tanpa efek samping, jadi jangan ragu untuk sehat alami dengan menginsumsi ubi telo ungu di setiap hari-hari anda. Kalau ada yang alami mengapa tidak .


Baca: 6 manfaat jahe untuk kesehatan dan konsumsi sehari-hari

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »