Macam Jenis Keputusan dan Kondisi Pembuatan Keputusan Usaha

6:47 PM

Situasi.bisnis - Keputusan dalam sebuah usaha tidak hanya satu keputusan saja, melainkan lebih dari satu jenis saja. Sebuah keputusan usaha dapat dibagikan dalam suatu kelompoknya masing-masing keputusan. Macam jenis keputusan usaha dapat dilihat dari segi waktu pemakaiannya yaitu antara jarang dan selalu diterapkan. Dibagian berikut ini akan ditampilkan tabel dari macam jenis keputusan dalam perusahaan.
 
Sebelum menuju ke tabel macam jenis keputusan tidak salahnya kita akan mengetahi metode dalam pengambilan keputusan. Dalam pengambilan sabuah keputusan tentu harus menggunakan metode-metode tertentu untuk mencapai hasil yang memuasakan. Dalam proses pengambilan keputusan dalam usaha dapat menggunakan dua metode yaitu dengan menggunakan metode tradisional atau menggunakan metode modern.

Keputusan dan kondisi pembuatan keputusan dalam usaha
Jenis keputusan dan kondisi saat pembuatan keputusan 


Apa itu metode tradisional dan apa juga itu metode modern ? berikut pengertiannya. Metode tradisional adalah metode dengan cara pengambilan keputusan berdasarkan intuisi dan kebiasaan perusahaan. Sedangkan metode Modern yaitu cara pengambilan keputusan dengan menggunakan perhitungan matematika dan statistic dalam menemukan sebuah keputusan.

Jadi, setelah mengerti apa itu metode tradisional dan metode modern dalam pengambilan suatu keputusan maka nantinya akan bisa membaca tabel macam jenis keputusan dengan mengerti dan maksud tujuan dari tabel berikut di bawah ini.

Tabel jenis keputusan


Jenis keputusan
Teknik pengambilan keputusan
Tradisional
Modern
             1.   Rutin :
          - Kegiatan rutin berulang berotasi
          - Memuat suatu proses khusus



             2.  Tidak rutin :
          - Keputusan sekali diterapkan
          Tidak terstruktur
          - Merupakan proses pemecahan masalah umum
     1.      Rutinitas

     2.      Prosedur




     1.      Penilaian intuisi dan kreativitas

     2.      Seleksi dan pelatihan
     1.      Riset operasional
     2.      Model analisa
   3.      Pemrosesan data dengan instrument modern

Teknik diterapkan dalam :
     1.      Pelatihan pembuatan keputusan
     2.      Penyusunan instrument modern

Itulah tabel dari macam jenis keputusan dalam perusahaan, dengan dibuat sedemikian rupa supaya tabel dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Dan selanjutnya akan kita bahas bersama apa itu kondisi pembuatan keputusan usaha.

Kondisi pembuatan keputusan dalam perusahaan

Kondisi diartikan dengan persyaratan atau keadaan, seperti yang tertukis dalam kamus besar bahasa Indonesia yaitu kondisi/kon·di·si/ n 1 persyaratan; 2 keadaan;
-- ekonomi keadaan baik atau lancar dan tersendatnya perjalanan ekonomi
Karena yang kita bahas mengenai bisnis maka saya ambilkan contoh dari kata ekonomi/ konsisi ekonomi. Maka kondisi pembuatan keputusan dapat diartikan situasi atau keadaan yang tepat untuk membuat suatu keputusan.

Kondisi disini adalah mengenai tingkat ketidakpastian yang dihadapi oleh seorang wirausaha.

Tingkat ketidakpastian yang dihadapi oleh seorang wirausaha yaitu:
1.      Resiko pembuatan keputusan
Dalam pembuatan suatu keputusan termasuk dalam kondisi resiko yang terjadi bila mana seorang wirausaha hanya memiliki sedikit pengetahuan atau informasi mengenai hasil keputusan yang diambilnya.
2.      Kondisi kepastian seluruhnya
Kondisi ini hampir tidak pernah ditemui, walaupun seorang wirausaha tersebut memiliki semua fakta dan informasi yang akurat.
3.      Kondisi ketidakpastian
Pada kondisi ini seorang wirausaha tidak mengatahui sedikit pun mengenai tentang hasil dari keputusan yang diambil.

Resiko pembuatan keputusan.
-          Resiko adalah dampak atau akibat yang disebabkan dari suatu keputusan yang diambil dalam memecahkan masalah yang telah dibuat tersebut.
-          Setiap keputusan pasti ada resikonya, dan setip keputusan juga ada dampak positif dan dampak negatifnya.




 Artikel terkait: 
Dasar Dan Teknik Dalam Membuat Keputusan Usaha

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »