KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN INI SUPAYA KESEHATAN MATA KAMU SELALU TERJAGA

4:32 PM
Kesehatan - Ada perkataan yang mengatakan “sehat itu mahal harganya” tapi memang ada benarnya juga, namun jika kita selalu menjaga kesehatan tubuh dengan selalu rutin mengonsumsi buah dan sayur sejak dini maka bisa dikatakan kesehatan itu murah alias tidak mahal karena sudah kita jaga dengan pola makan yang seimbang dan sesuai takaran saji, terutama kesehatan yang berkaitan dengan indra atau alat vital yang salah satunya yaitu organ mata.

Mata adalah salah satu bagian dari alat vital yang sangat penting dalam kehidupan terutama saat menjalankan aktivitas. Memiliki mata yang sehat dan terawat adalah sebuah anugerah yang sangat mahal dan bisa saja menjadi sebuah kenikmatan yang tak terhingga nominalnya. Maka dari itu menjaga dan merawat kesehatan mata adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan supaya indra penglihatan bekerja dengan sebagai mana semestinya.

Konsumsi buah dan sayur untuk kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata


Dalam menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak dan merogoh kantong dalam-dalam. Cukup kita dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan mata agar kita terhindar dari minus, apa lagi untuk anda yang bekerja atau gamer yang selalu menggunakan computer setiap hari. Dan buah apa saja yang dapat membantu merawat kesehatan mata, konsumsi buah dan sayuran ini supaya kesehatan mata kamu selalu terjaga ini lah daftar buah dan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Daftar buah dan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata:

1. Alpukat
Buah alpukat sering disepelekan dan dihindari oleh kalangan tertentu karena dianggap dapat membuat kegemukan tubuh. Pada hal tidak seperti itu, mengonsumsi buah yang satu ini justru sangat baik untuk menekan kolesterol dan membantu memerangi berbagai macam penyakit lainya. Di dalam buah alpukan ini terkandung banyak lutein dan kaya akan vitamin E. Alpukat juga dapat membantu meningkatkan kadar karotenoid pada makanan lain yang dicerna oleh tubuh. Alpukan dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara dan dengan rasa yang lebih enak tanpa mengurangi nilai gizi yang terdapat dalam buah tersebut. Alpukat juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan bayam dan wortel yang dapat meningkatkan kadar nutrisi yang bisa menyehatkan mata anda.

2. Telur
Telur yang kandungan proteinnya melebihi dari daging dapat berfungsi juga untuk meningkatkan kesehatan mata. Terutama kuning telur yang akan memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan indra penglihatan. Mengonsumsi telur setiap hari paling tidak satu butir telur dapat meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darang kisaran 25 – 30 %. Telur juga menjadi sarang sumber vitamin A, B, dan seng.

3. Ikan salmon

Ikan salmon ini terkenal dengan sebutan makanan otak. Padahal kandungan vitamin A, D dan omega-3 nya yang terdapat dalam ikan salmon tersebut tidak hanya bagus untuk kesehatan dan daya otak saj, melainkan sangat bagus pula untuk kesehatan mata dan seluruh anggota tubuh. Tidak hanya satu macam salmon saja berbagai jenis ikan salmon dan sejenisnya juga mengandung nutrisi yang baik untuk otak dan mata kita.

4. Bawang putih dan bawang merah
Kandungan yang terdapat dalam bawang putih dapat meningkatkan system imun, menyembuhkan demam, menurukan kadar kolesterol jahat, bahkan dapat pula menghilangkan parasite dalam tubuh. Tidak aneh jika bawang putih juga bagus untuk kesehatan mata. Bawang putih dan bawang merah serta berbagai jenis bawang-bawangan kaya akan sulfur yang diperlukan oleh tubuh untuk memroduksi menghasilakan glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang bagus untuk kesehatan dan perawatan lensa mata. Selain itu khasiat dari bawang putih dan bawang merah juga bagus untuk memelihara kesehatan mata.

5. Sayuran dan tumbuhan hijau
Berbagai macam jenis dari sayuran hijau seperti halnya dengan bayam, kale, sawi, brokoli, dan kubis adalah termasuk dari keluarga besar sayuran hijau. Sayuran hijau terdapat banyak macam vitamin dan mineral termasuk folic acid, vitamin A, vitamin C, B12, kalsium, dan kaya akan karotenoid (terutama lutein dan zeaxathin) yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Dalam melakukan pengolahan sewaktu masak hendaknya sayuran jangan dipanaskan terlalu lama atau terlalu matang bila dilakukan pemasakan terlalu lama maka anda akan kehilangan semua nutrisi yang terdapat dalam sayuran tersebut.

6. Buah-buahan dengan warna kuning dan oranye
Seperti halnya buah wortel yang khas dengan warna orenya yang dapat membantu anda untuk meningkatkan kesehatan dan perawatan mata. Selain wortel , buah lainnya yang memiliki warna kuning dan oranye seperti labu, jeruk peras, serta ubi jalar juga mengandung vitamin A (beta caroten) yang sangat baik untuk kesehatan mata, terutama bagian mata retina dan dapat melindungi mata anda dari bahaya terik sinar matahari.

7. Coklat hitam, anggur merah dan buah berry berwarna hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembulu darah yang terdapat di dalam mata anda. Dengan meminum segelas anggur merah setiap harinya juga dapat meningkatkan kesehatan mata dan memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan mata dan termasuk untuk menjaga kondisi mata, kesehatan jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Sementara itu buah berry hitam atau bilberry memiliki kandungan anthocyanosides yang dapat menambah aliran darah pada mata.

Konsumsi buah dan sayur untuk kesehatan mata anda
Macam bentuk mata

8. Makanan yang harus dihindari
Selain makanan yang dikonsumsi untuk kesehatan mata dan tubuh maka ada pula pantangan dan macam-macam makanan yang harus dihindari dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan mata. Untuk mencegah penurunan pada penglihatan anda sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang memili kandungan gula dengan takaran yang melebihi ambang batas dan kurangi penggunaan MSG. MSG mengandung neurotoxin yang tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan glaukoma.

Nah, itulah daftar beberapa contoh dari buah dan sayur yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan mata anda. Konsumsi buah dan sayuran ini supaya kesehatan mata kamu selalu terjaga. Jadi mulai sekarang biasakan untuk mengonsumsi makan yang berkhasiat tinggi untuk kesehatan tubuh dan nantinya kesehatan dapat anda nikmati.


Artikel terkait:
Tips Cara Cuci Ginjal Dengan Resep Alami

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »