Fungsi Dan Kedudukan Pancasila Bagi Bangsa Dan Negara Indonesia

10:47 PM
Fungsi dan kedudukan pancasila bagi bangsa  dan negara Indonesia. Di dalam sebuah bangsa yang multicultural atau beragam budaya dan adat seperti halnya Indonesia ini harus memeiliki symbol khusus untuk mempersatukan seluruh adat budaya yang ada di dalam wilayah kesatuan. Beragam suku bangsa dan beraneka budaya menjadi salah satu kekeyaan yang dimiliki Negara Indonesia tercinta ini. Keanekaragaman itu tentu saja memiliki berbedaan dan pandangan hidup dalam menjalani keseharian menurut adat yang berlaku di daerah masing-masing. Adat dan budaya satu dengan yang lain tentu saja sangat menonjol bedaannya. Maka dari itu Negara kita memerlukan sebuah alat penyatu budaya yang beraneka ragam itu tanpa melanggar atau mengurangi norma-norma adat dan budaya tersebut. Dan para tokoh Indonesia menemukan dan mengesahkan sebuah alat untuk mempersatukan seluruh budaya dari sabang sampai merauke yang bersibol burung garuda dengan kaki mencengkram pita bertuliskan “BHINNEKA TUNGGA IKA”.

Bhinneka tunggal ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Berlambangkan burung garuda dan memiliki lima sila maka alat pemersatu dan juga sebagai dasar Negara Kesatuan Republic Indonesia ( NKRI ) itu diberikan nama Pancasila.

Fungsi Dan Kedudukan Pancasila
PANCASILA



Dalam perjalanan sejarah tatanan kenegaraan Negara kesatuan republic Indonesia, pancasila yang digali dari bumi pertiwi memiliki peran berbagai fungsi dalam bangsa Indonesia antara lain yaitu sebagai berikut.

Pancasila memiliki peran berbagai fungsi dalam bangsa Indonesia antara lain yaitu sebagai berikut:

1.    Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
Sebagai pandangan hidup bangsa pancasila memberikan petunjuk serta pedoman yang berkaitan dengan nilai hidup dalam mencapai tujuan lahir dan batin. Pancasila telah membuktikan mampu mempersatukan keanekaragaman bangsa Indonesia. Kemudian pancasila sebagai pedoman hidup atau way of life yang dapat mempersatukan kita semua dan memberikan petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat Indonesia yang beraneka ragam/ pluraslime.

2.    Pancasila sebagai dasar Negara republic Indonesia

Sebutan pancasila sebagai dasar Negara mengandung arti bahwa pancasila digunakan sabagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan kenegaraan yang meliputi seluruh bidang, ideology, politik, ekonomi, social dan budaya, serta pertahanan dan keamanan. Pancasila sebagai dasar Negara seperti halnya yang tercantum dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional.

3.    Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia

Fungsi lain pancasila yaitu sebagai peran dalam memberikan gerak dan dinamika kehidupan serta membimbing masyarakat kearah tujuan untuk mewujudkan masyarakat pancasila. Dengan demikian pancasila menjiwai bangsa Indonesia dalam semua tingkah laku dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.

4.    Pancasila sebagai keperibadian bangsa Indonesia

Pancasila sebagai keperibadian bangsa Indonesia berfungsi dan berperan dalam menunjukan adanya keperibadian bangsa Indonesia yang dapat dibedakan dari bangsa lain di seluruh penjuru muka bumi ini. Hal yang dibedakan yaitu tentang sikap, perbuatan, dan tingkah laku yang sesuai dengan sila-sila pancasila. Keperibadian ini lah yang dapat membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain yang ada di dunia.



 Selanjutnya ..... (point kelanjutan dari fungsi pancasila)



 Artikel terkait:
Usulan-Usulan Dan Dasar Pokok Yang Dirumusakan Dalam Sidang BPUPKI

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »