KEUNIKAN SERTA MANFAAT YANG TERDAPAT DALAM BUAH PISANG MERAH MUSA

3:38 PM
Unik - Pisang adalah buah yang sangat mudah untuk kita jumpai dimanapun dan pohonnya dapat tumbuh subur di bumi Indonesia kita ini. Pisang yang sering kita jumpai pada umumnya adalah berwarna kuning atau hijau. Lalu apakah anda pernah mendengar cerita pisang berwarnakan merah atau bahkan anda sendiri pernah melihat atau pernah mencicipinya. Memang benar di bumi ini ada pisang berwarnakan merah kulitnya. Pisang merah ini dikenal dengan sebutan sebagai pisang Red Dacca di negaranya Australia, namun pisang merah juga dapat ditemui di Negara Indonesia keberadaan dari pisang merah di Indonesia ini dapat titemukan kebanyakan di wilayah Indonesia bagian utara tepatnya yaitu di daerah Sabah dan Serawak.

BUAH PISANG MERAH MUSA
Khasiat dan keunikan dari pisang merah


Pisang merah ini juga dikenal sebagai pisang pisang raja udang atau sering disebut dengan nama pisang tembaga. Berbagai manfaat dan khasiat dapat diperoleh dari pisang merah ini terutama untuk anda yang sedang melakukan program diet, nah pisang merah ini cocok untuk anda konsumsi disaat itu. Tidak hanya itu saja keunggulan yang bisa didapat dari pisang merah ini juga dapat digunakan untuk pengobatan. Pengobatan yang dapat dilakukan oleh pisang merah ini antara lain yaitu penyakit jantung dan dapat juga untuk mengobati sakit diabetes.

Pisang merah ini juga dikenal dengan istilah lain yaitu dengan sebutan pisang susu merah di beberapa wilayah. Tumbuhan pisang susu merah ini adalah varietas pisang dengan warna ungu kemerahan dengan nama ilmiah Musa acuminata 'Red Dacca' dan memiliki tingkat tingkatan takson Kultivar, dan pisang merah susu ini juga memiliki klarifikasi yang lebih tinggi dengan nama Musa acuminata.

Manfaat dari pisang merah ini juga sangat luar iasa karena pisang ini memiliki kandungan berserat tinggi yang terdapat dalam daging buahnya, rendah kalori serta dapt mencegah dari beberapa penyakit yang mematikan. Berikut ini adalah manfaat dari pisang merah.

KEUNIKAN SERTA MANFAAT YANG TERDAPAT DALAM BUAH PISANG MERAH
Pisang merah Red Dacca


Manfaat pisang merah genus musa:

1.    Sumber dari vitamin C.
Pisang merah ini juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C yang baik untuk pertumbuhan, produksi kolagen dan juga sebagai kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memberikan  penawaran perlindungan terhadap radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi resiko akan penyakit jantung dan beberapa dari jenis penyakit kangker.

2.    Sebagai sumber kalium.

Pisang merah juga menyimpan kandungan kalium yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan elektolit dan cairan dalam tubuh. Pisang merah juga sebagai sumber potassium. Satu pisang ukuran sedang mengandung 400 mg Kalium, ini memiliki arti dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang setara dengan 11% kebutuhan tubuh. Kalium adalah mineral dan elektrolit. Selain untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit kalium juga berfungsi sebagai penopang dari fungsi jantung, kontraksi otot, dan pencernaan.

3.    Penyedia sumber serat.

Pisang merah ini mampu memenuhi kebutuhan kita serat setiap harinya. Satu buah pisang merah ukuran sedang dapat dapat memiliki kandaunganserat hingga empat gram serat memenuhi 16% kebutuhan serat harian yang diperlukan tiap hari oleh tubuh kita. Serat adalah jenis karbohidrat tubuh yang tidak dapat dicerna. Seorang perempuan memerlukan sekitar 20 gram serat per hari, sedangkan orang laki-laki memerlukan 30 gram/harinya. Karena serat tidak dapat dicerna dalam tubuh pada saat proses pencernaan maka serat akan memperlambat proses dari pencernaan tersebut. Dan ini akan membantu kita akan merasa kenyang lebih lama dan akan mengontrol berat badan kita. Selain itu khasiat dari pisang merah ini menurut dari penelitian dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes serta rendah kalori. Karena mengandung kalori yang sangat rendah dalam satu buah pisang ini hanya terdapat 110 kalori, maka dari itu kita tidak perlu khawatir dengan kalori lebih saat menjalani program diet dengan mengonsumsi pisang merah ini.

4.    Sumber akan vitamin B6.

B6 adalah vitamin larut air yang dibutuhkan untuk metabolisme protein dan metabolisme sel darah merah. Vitamin B6 ini sangat baik untuk membuat haemoglobin dalam warna darah, dan atau sebagai protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen pada darah. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menderita anemia. Pisang merah ini dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin B-6 harian anda.


Artikel terkait:
Pohon Pisang Terbesar Di Dunia Yang Ditemukan Di Pedalaman Papua.
KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN INI SUPAYA KESEHATAN MATA KAMU SELALU TERJAGA

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »