SISTEM PEMINDAH TENAGA, KEMUDI, REM DAN SUSPENSI

9:27 PM
Sistem pada mobil yang berkaitan dengan casis ini sangat lah penting dalam suatu unit kendaraan terutama pada kendaraan bermotor. Bagian suspensi atau casis ini adalah bagian yang membentuk unit dan sebagai dudukan serta pelindung mesin pada kendaraan. Pada kendaraan off road biasanya bagian terpenting setelah mesin adalah casis yang kuat dan kokoh supaya saat digunakan di medan berat kendaraan tetap nyaman dan tetap bringas. Dan casis terdiri dari bagian-bagian, komponen-komponen dan unit satu kesatuan, hingga fungsi dari bagian yang berbeda-beda seperti berikut:

1. Kopling
Menghubungkan dan melepaskan tenaga dari mesin ke transmisi melalui kerja pedal selama perkaitan roda gigi.
2. Transmisi
Mengubah tenaga mesin menjadi momen sesuai dengan kondisi perjalanan kendaraan dan memindahkan momen tersebut ke roda-roda.
3. Poros propeller
Memindahkan tenaga dari transmisi ke differential dengan lembut tanpa dipengaruhi akibat adanya perubahan-perubahan.
4. Differential
Menghasilkan kecepatan putaran roda sebelah dalam berbeda dengan kecepatan putaran roda sebelah luar.
5. Axle
Menyangga roda-roda dan kemudian memindahkan momen gerak.
6. Roda
Sebagai kaki-kaki penggerak yang bersentuhan langsung dengan jalan.
7. Kemudi
Untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan sesuai keinginan pengemudi.
8. Rem
Dirancang untuk mengurangi kecepatan/ memperlambat dan menghentikan kendaraan atau untuk memungkinkan parkir ditempat yang menurun.
9. Suspensi
Untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan sehingga menambah kenikmatan dan stabilitas kendaraan serta memperbaiki kemampuan cengkram roda terhadap jalan.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »