Dasar Motor Bakar Bensin dan Diesel 2 Tak & 4 Tak

12:24 AM
Motor, tentu saja kita sudah mengenal motor dan sudah tidak asing lagi di kehidupan kita bahkan kita memunyai dan bisa mengemudikan. Motor sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang ini, jadi tidak ada salahnya bila kita belajar atau mengetahui bagian-bagian dasar motor dan penjelasannya, terutama buat kalian anak motor dan otomotif mania. Disini kita akan membahas apa itu motor .!?

langkah kerja motor 4 tak
langkah kerja motor 4 tak

A) Motor bakar
1. Motor penggerak mula adalah motor yang merubah tenaga primer yang tidak diwujudkan dalam bentuk aslinya, tetapi diwujudkan dalam bentuk tenaga mekanis.
2. Tenaga primer yaitu tenaga yang masih berbentuk wujud.
Contohnya: air mengalir, uap dari pembakaran, dsb.
+) Jenis-jenis tenaga primer
- aliran air
- aliran akibat uap pembakaran
- kimia bahan bakar
- aliran angin
+) Motor penggerak mula
- kincir air (turbin)
- mesin uap
- motor bakar
- kincir angin

3. Motor bakar adalah pesawat penggerak mula yang merubah tenaga kimia bahan bakar menjadi panas atau kalor dengan jalan pembakaran, panas tersebut selanjutnya dirubah menjadi tenaga mekanik.
:) pembakaran luar adalah pembakaran yang terjadi diluar mesin dalam ruang yang bertahap.
:) pembakaran dalam adalah pembakaran yang terjadi di ruang tertutup dalam satu tempat.

4. Macam-macam motor bakar pembakaran dalam
@ Motor torak/ piston
-mesin bensin
- meain diesel
- 4 tak/ 2 tak
@ Mesin wankel/ rotary

B) Motor torak
@.1. Motor torak
Sifat-sifat yng menonjol:
a. Gerak transiasi/ gerak bolak balik torak dirubah menjadi gerak putar poros engkol.
b. Untuk mengurangi getaran, jumlah silinder dapat dibuat lebih dari satu.
c. Digunakan pada motor 4 tak dan 2 tak baik motor bensin maupun motor diesel.

C) Motor wankel
@.2. Motor wankel
Sifat-sifat yang menonjol:
a. Gerak torak berotasi( berputar).
b. Pengisian, kompresi dan pembuangan diatur oleh torak.
c. Lebih ringan.
d. Getaran kecil.
e. Jarang digunakan dan tidak diproduksi secara massal.
Contoh penerapan: • Mazda Rx-7
                                 • Marcedes benz

Macam-macam konstruksi motor torak.
* 4 tak/ 4 langkah yaitu, motor yang membutuhkan 4 kali langkah torak untuk menghasilakan 1 kali tenaga.
* 2 tak/ 2 langkah yaitu, motor yang membutuhkan 2 kali langkah piston untuk menghasilkan 1 kali kerja/tenaga.

() Langkah-langkah motor 4 tak (tahap) bensin.
1. Hisap
2. Kompresi
3. Usaha
4. Buang

Pengertian:
1.1 Hisap -> piston dari TMA menuju TMB tetapi katup in (masuk) terbuka
1.2 Kompresi -> piton dari TMB menuju TMA dan semua katup tertutup lalu terjadi busi mengeluarkan bunga api untuk memicu pembakaran.
1.3 Usaha -> piston dari TMA menuju TMB dan posisi semua katup masih tertutup.
1.4 Buang -> piston dari TMB menuju ke TMA dengan posisi katup ex (keluar) terbuka.
Pengetahuan:
Perbedaan 4 tak bensi dan diesel yaitu pencampurannya di ruang bakar dan menggunakan noken, sedangkan bensin pencampurannya di karburator dialirkan ke ruang bakar dan menggunakan busi.

D) Motor otto (bensin 4 tak)
Sifat-sifar yang menonjol:
a. Pendinginan dengan air pendingin.
b. Pelumas silinder dengan semprotan oli atau percik ( dengan sistem panci, sirkulasi tekanan oleh pompa oli ).
c. Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanise katup.
d. Pembentukan campuran bahan bakar dan udara terjadi diluar silinder.
e. Pembakaran dengan sistem pengapian.

E) Motor diesel 4 tak
Sifat-sifat yang menonjol:
a. Pendinginan dengan air pendingin.
b. Pelumas silinder dengan semprotan oli atau prcikan.
c. Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup.
d. Pembentukan campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder.
e. Pembakaran terjadi dengan sendirinya.

F) Motor 2 tak
Sifat-sifat yang menonjol:
a. Pendinginan dengan udara, getaran sirip keras.
b. Pelumasan silinder dengan mencampurkan oli ke bahan bakar.
c. Pengisian, kompresi, pembilasan dan pembuangan lewat saluran-saluran yang diatur oleh torak.
d. Pembentukan campuran bahan bakar di luar siinder.
e. Penyalaan dengan sistem pengapian atau penyalaan sendiri.

G) Motor 2 tak diesel
Sift-sifat yang menonjol:
a. Pendinginan dengan air pendingin.
b. Pembilasan memanjang.
c. Memerlukan katup buang.
d pengisapan dan pembilasan dijalankan oleh kompresor yang langsung menekan udar kedalam silinder.
e. Pelumasan tekan.
f. Penyalaan dengan sendirinya.
Penggunaan: kapal laut, kereta api.
** syarat pembakaran:
- bahan bakar
- O2 (udara)
- panas/ kalor

() Siklus motor benin 2 tak.
• Piston bergerak ke atas -> kompresi, pengisian
• Piston bergerak ke bawah -> usaha, pembuangan, pembilasan
# Bahan bakar
- cair => bensin, solar, bensol, dll.
- padat => kayu, batu bara briket, dll.
- gas => LPG, biogas, melhan, dsb.

baca juga: konstruksi koil dalam sistem pengapian dan fungsinya dalam motor konvensional

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »