1.a. Fungsi dari ragka
Adapun fungsi tersebut adalah sebagai berikut
1. Penopang mesin.
2. Tahanan sebagai penyerap atau peredam guncangan dan getaran yang disebabkan dengan kondisi jalan.
3. Tahanan dari garpu depan(fork) dan belakang(fork arm), keduanya dibuat sedemikian rupa supaya sepeda motor dapat dikendalikan.
4. Sebagai dudukan jok.
5. Sebagai penahan standard.
6. Perletakan accu dan kelengkapan kelistrikan serta penerangan.
1.b. Jenis rangka
Ditinjau dari baha dan cara pembulatannya, rangka dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Pressed steel and tubular
2. Pressed steel
3. Tubular
a. Pola single cradle
b. Pola double cradle
Rangka sepeda motor c-70 |
@. Gangguan :
A. Rangka terdengar berresonansi/menggema karena getaran mesin.
B. Saat berjalan, terdengar suara abnormal dari bagian rangka( berderak, bercuit, dan sebagainya.
C. Sewaktu memperepat atau menghentikan kendaraan rangka terasa membengkok.
@. Penyebab
1. Pada bagian sambungan terdapat retakan atau patahan(bagian yang dilas) disekitar batang/bingkai penopang mesin.
- hal seperti ini dapat terjadi apa bila sepeda motor terkena benturan keras atau pernah terjatuh( kecelakaan)
2. Rangk patah/bengkok(terpuntir)
- penyebab ini dapat terjadi seperti halnya peristiwa seperti di bagian nomor 1.
3. Perubahan bentuk dan ukuran karena terdapat lengkungan atau bengkok.
- hal kemungkinan disebabkan karena selalu bermuatan melebihi batas kemapuan rangka.
4. Dudukan poros garpu belakang yang cepat aus.
- bila mana motor dikendarai dalam keadaan mur pengikat poros garpu belakang terlepas, maka lama kelamaan pivot bushing di dalam dudukan poros akan mudah aus dan cepat rusak. Kerusakan pada dudukan ini dapat menimbulkan getaran pada rangka.
baca : pengertian momen putar rumus dan contoh soal
EmoticonEmoticon