Ruang Lingkup Peluang Usaha Berdasarkan Waktu Dan Kebutuhan

6:55 PM
Ruang lingkup peluang usaha berdasarkan waktu dan kebutuhan - Kendatipun peluang usaha mempunyai sifat yang luas dan lebar, namun hal ini dapat disederhanakan dengan suatu klasifikasi dari berbagai sudut pandang. Sudut pandang tersebut dapat dibedakan menurut dari waktu dan menurut dari hierarki kebutuhan manusianya.

Sudut pandang menurut dari waktu dan kebutuhannya yaitu sebagai berikut :

a.    Berdasarkan waktu munculnya peluang usaha

Dari segi waktu peluang usaha muncul dari lama atau barunya peluang usaha tersebut dapat dijumpai 3 ( tiga ) kemungkinan peluang usaha yang terbuka, antara lain yaitu:
1.    Peluang usaha akan terbuka dan menjadi sebuah peluang usaha baru yang biasanya dilakukan di daerah-daerah baru.
2.    Peluang usaha baru yang sama sekali belum pernah diciptakan, dimana peluang usaha ini sebelumnya belum pernah ada yang membukanya kemudian peluang ini ditemukan oleh sang kreatif.
3.    Peluang usaha baru yang disempurnakan, peluang ini daur ulang atau perbaikan dari peluang yang sudah ada sejak lama namun dikembangkan menjadi sebuah peluang yang lebih sistematis.

Peluang Usaha Berdasarkan Waktu Dan Kebutuhan
Ruang Lingkup Peluang Usaha  

b.    Peluang usaha menurut hierarki kebutuhan manusia

Berdasarkan hierarki ini seperti disajikan di bagian awal, peluang usaha yang muncul karena adanya kebutuhan manusia akan hidupnya. Dalam kaitannya dengan peluang berdasarkan kebutuhan manusia ini dapat digolangkan menjadi 3 ( tiga ) bagian, kelompok dari tiga bagian tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Peluang usaha primaer, yaitu peluang usaha untuk pemenuhan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok manusia.
2.    Peluang usaha sekunder, yaitu peluang usaha untuk pemenuhan kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan manusia.
3.    Peluang usaha tertier, yaitu peluang usaha untuk pemenuhan kebutuhan tertier atau kebutuhan mewah manusia.

Ruang lingkup peluang usaha berdasarkan waktu dan kebutuhan dengan klarsifikasi diatas memiliki dimensi kuantitatif dan kualitatif yang secara global dapat ditentukan berdasarkan oleh beberapa factor. Factor tersebut diantaranya adalah factor tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan status social masyarakatnya.



Artikel terkait:
Pengertian Wirausaha Dan Ruang Lingkup Peluang Usaha

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »