Pengertian Adzan dan Iqamah Sebelum Melaksanakan Sholat Wajib

8:32 PM
Pengertian adzan dan iqamah sebelum melaksanakan sholat wajib - Sebagai orang islam yang taat kepada Allah SWT kita akan selalu melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangannya. Termasuk melaksanakan ibadah wajib yang kita laksanakan setiap hari, yaitu shalat wajib lima waktu yang terdiri dari sholat Isya, Shubuh, Dluhur, Ashar, dan Maghrib. Sebelum mengarjakan sholat lima waktu tersebut kita disunatkan mengumandangkan adzan terlebih dahulu kemudian mengumandangkan iqomah setelah jeda selesai adzan dan hendak melaksanakan sholat fardu.

Pengertian Adzan dan Iqamah Sebelum Melaksanakan Shalat Wajib
Mengumandangkan Adzan
Dalam menjalankan ibadah sholat fardu sebelumnya kita disunatkan mengeumandangkan adzan terlebih dahulu. Adzan adalah pemberitahuan bahwa waktu sholat telah tiba atau telah masuk waktu menjalankan sholat dan segaligus bertujuan untuk memanggil seluruh kaum muslimin dan muslimat yang beriman untuk segera menunaikan sholat berjamaah. Orang yang mengumandangkan adzan disebud dengan Muazin.

Di zaman Rosulullah SAW adzan dilakukan oleh Bilal, setahun sesudah hijrah. Adzad disuarakan dengan suara yang keras dan penuh semangat dikarenakan agar dapat didengar orang dari kejauhan. Namun di zaman kita sekarang ini adzan sudah tidak usah mengunakan tenaga penuh kerana dengan kemajuan dan perkembangan teknologi masa kini adzan dapat didengan orang dari kejauhan dengan menngunakan media pengeras suara atau sound system.

Tata cara muazin melakukan adzan adalah sebagai berikut:

1.    Sebaiknya telah sudi dari hadas besar dan kecil.
2.    Menghadap kiblat.
3.    Memasukan kedua jari telunjuk ke kedua telinga.
4.    Mengeraskan suaranya ( diperbolehkan menggunakan pengeras suara ).
5.    Disunatkan membaca doa setelah adzan
6.    Hendaknya orang yang adzan itu juga sebagai orang yang mengumandangakan iqamah.

Pengertian Adzan Sebelum Melaksanakan Shalat Wajib
Bacaan Adzan

Do'a Setelah Adzan Sebelum Melaksanakan Shalat Wajib
Do'a Setelah Adzan
Selanjuatnya setelah selesai adzan dikumandangkan muadzin duduk dibarisan shaf atau dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunat dan membaca bacaan zikir sebelum melaksanakan sholat wajib. Kemudian setelah itu saat sudah masuk waktu saatnya melaksanakan sholat wajib dan jamaah sudah berkumpul maka mudzin sesegeralah mengumandangkan iqamah tanda segera dimulainya sholat wajib.

Pengertian Iqamah Sebelum Melaksanakan Shalat Wajib
Bacaan Iqamah
Iqamah dapat diartikan sebagi tanda pemberitahuan kepada jamaah bahwa salat segera dimulai. Jika adzan dikumandangkan dengan suara yang keras maka untuk iqamah ini dikumandangakan dengan nada suara yang agak pelan, karena iqamah dikumandangkan sekedar untuk dapat didengar oleh jamaah yang hadir di masjid saja.



Artikel terkait:
MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DAN KETENTUAN-KETENTUANNYA

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »