Ketentuan Sahnya Dalam Mendirikan Shalat

8:32 PM
Ketentuan sahnya dalam mendirikan shalat - Di dalam ajaran agama islam sholat merupakan rukun islam yang kedua yang wajib dikerjakan oleh setiap orang yang telah baligh dan berakal sehat. Tidak hanya itu, shalat dalam penjelasannya sebagai ukuran iman seseorang juga, yaitu apa bila orang tersebut dalam menjalankan sholatnya baik maka dapat diketahui pula sifat dan akhlaknya juga baik. Selain itu dalam ajaran islam pun juga dijelaskan bahwa amalan sholatnya baik maka amalan yang lainnya pasti juga akan baik.

Untuk menjalankan sholat tentu saja ada syarat-syarat dan rukunnya yang harus dipenuhi setiap perorangan, yang sudah dewasa. Anak-anak belum diwajibkan untuk shalat, akan tetapi tidak ada salahnya bila sebaiknya anak diajarkan sholat sejak dini, supaya nantinya anak akan terbiasa untuk menjalankan shalat ketika dewasa. Memberikan pengajaran anak memeng sudah menjadi tanggung jawab dari orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Dalam menjalankan ibadah shalat kita membaca doa-doa. Selain wajib bagi kaum muslim dalam shalat kita juga berdoa kepada Allah SWT untuk memohon agar diberikan petunjuk dan juga memohon supaya kita dihindarkan dari bahaya dan murka Allah SWT. Sholat dilakukan dengan gerakan dan juga membaca bacaan. Gerakan dan bacaan-bacaan dalam sholat sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, dan kita tinggal mengikutinya tanpa mengurangi dan menambah gerakan dan bacaan dalam shalat.
Mendirikan shalat
Ketentuan sahnya shalat

Nabi Muhammad SAW bersabda:

‘Sallu kama ra aitumuni usalli’

Yang artinya :
Bersalatlah kamu, sebagaimana aku (Nabi) bersalat (HR.Muslim)

Adapun seseorang telah diwajibkan menjalankan ibadah sholat bila mana telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1.    Beragama islam
2.    Berakal sehat
3.    Baligh
4.    Dalam keadaan jaga ( sadar )

Agar anak-anak kita nanti dapat melaksanakan ibadah shalat dengan beran sebaiknya diajarkan shalat sejak dini dan mulailah dari sekarang. Supaya dapat menjalankannya Ketentuan sahnya dalam mendirikan shalat dengan sempurna maka harus diajarkan tentang shalat, yaitu baik syarat sahnya shalat, rukun shalat, maupun hal yang dapat membatalkan shalat.

Untuk mempelajari Syarat sahnya sholat dan Rukun sholat kita sambung di halaman selanjutnya dan dapat anda klik pada judul dibawah ini.

SYARAT SAHNYA SHOLAT

RUKUN SHOLAT




Artikel terkait:
MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DAN KETENTUAN-KETENTUANNYA

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »