Enam Negara Yang Berdiri Tanpa Kekuatan Militer

6:44 PM
Enam Negara yang berdiri tanpa kekuatan militer - Pasukan militer atau prajurit tentara dalam suatu Negara sangatlah diperlukan untuk menjaga keutuhan berdirinya sebuah Negara. Setiap Negara yang berdiri pastinya memiliki kekuatan militer untuk menjaga keutuhan dan menjaga negaranya dari serangan atau ancaman dari Negara lain yang ingin menguasai wilayah kenegaraannya. Kita contohkan saja, misalnya Negara China yang memiliki pasukan militer terbesar di dunia yakni dengan jumlah tentara 1.600.000 angkatan personel. Dengan kekuatan militer sebanyak itu tentu saja digunakan untuk menjaga dan mengamankan negaranya dari serangan pihak luar.

Lantas bagaimana jadinya bila suatu Negara yang berdiri tidak memiliki kekuatan militer dalam pertahanan negaranya ? pastinya Negara tersebut akan mudah diserang oleh Negara lain yang memiliki kekuatan militer dan ingin menguasai daerah tersebut tentunya. Namun pada kenyatannya dalam praktik berdirinya Negara ada juga Negara yang tidak memiliki kekuatan militer sama sekali.

Kekuatan pasukan militer
Pasukan Pertahanan Negara

Berikut ini adalah enam Negara yang sama sekali tidak memiliki kekuatan pasukan militer dalam pemerintahannya, namun meskipun demukian Negara-negara ini berdiri dengan aman-aman tenteram saja dari serangan Negara luar. Negara mana sajakag itu !? ini dia daftarnya.

Daftar negara yang tidak memiliki kekuatan militer:


1. Andorra
Andora adalah Negara di eropa yang tidak memiliki pasukan militer sendiri, namun pemerintah di Negara tersebut telah membuat perjanjian dengan Negara eropa seperti perancis dengan menandatangani sebuah perjanjian untuk meminta perlindungan bagi negaranya. Walaupun ada sedikit tentara dengan jumlah yang tidak seberapa namun tentara itu adalah tentara relawan, tetapi hanyauntuk melakukan operasi seremonial saja.

2. Grenada
Sebuah Negara yang belum memiliki pasukan tentara angkatn darat sejak tahun 1983 karena asosiasi invasi merika dipimpin oleh Negara amerika sarikat. Namun Negara tersebut memiliki pasukan kepolisian. Badan Kepolisian Kerajaan Grenada mempertahankan unit layanan khusus angkatan militer yang ditugaskan untuk keamanan kerajan tersebut. Pertahanan di Negara ini merupakan tanggung jawab dari system keamanan regional.
 Negara yang berdiri tanpa kekuatan militer
Negara yang tidak memeiliki pasukan militer

3. Liechtenstein
Negara ini telah menghapus system kemiliterannya atau pasukan tentaranya sejak tahun 1868 karena dianggap terlalu mahal dalam keuangan Negara. Kekuatan pasukan militer disini diperbolehkan hanya pada masa perang berlangsung saja, namun situasi dalam keadaan pertempuran di Negara ini belum pernah terjadi sepanjang sejarah berdirinya Negara tersebut. Akan tetapi, Kerajaan Lienchtenstein tetap mempertahankan hukum dan mempersiapkan sebuah pasukan tim khusus yang dilengkapi dengan senjata kecil untuk ditugaskan dalam menjaga keutuhan dan keamanan kerajaan ini.


4. Kepulauan Solomon

Soloman memiliki pasukan militer, namun hanya dikerahkan saja bila terjadi peperasngan yang dianggap sudah sangat berat atau terjadi konflik yang sudah over. Tidak ada kekuatan pasukan militer yang dipertahankan di Negara ini namun Negara kepulauan solomon memiliki pasukan polisi cukup besar yang dilengkapi dengan dengan senjata ringan. Pemerintah Solomon juga tetap mempertahankan dua kapal patrol kelas pasifik yang cukup canggih, yaitu Auki dan Lata.

Negara yang berdiri tanpa kekuatan militer
Negara yang tidak memeiliki pasukan militer

5. Tuvalu
sejak lahirnya Negara Tuvalu ini memang tidak ada pasukan militer yang dibentuk oleh pemerintahan. Akan tetapi Negara ini tetap memiliki Unit Polisi kecil dan sebuah Unit Pengawasan Maritim untuk menjaga keamanan internal Negara tersebut. Unit kepolisian tersebut hanya dibekali dengan senjata yang biasa-biasa saja dan bukan merupakan senjata canggih.

6. Samoa

Negara Samoa yang berdiri terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil, Negara ini tidak memiliki kelengkapan kemiliteran sama sekali. Dalam tugas pengawasan dan keamanan negaranya tersebut pemerintah mengerahkan kekuatan dari kepolisian untuk menjaga keutuhan wilayah kepemerintahannya. Walaupun demikian namun pasukan unit kepolisian di Negara ini pun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Itulah Enam Negara yang berdiri tanpa kekuatan militer dan samapi saat ini sejak berdirinya dalam keadaan aman, tentam dan baik-baik saja.


Artikel lainnya:
PENGERTIAN, FUNGSI, KEKUATAN DAN CIRI IDEOLOGI

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »