Memanfaatkan Waktu Dengan Baik Dalam Setiap Pekerjaan

7:26 PM
Waktu - Dalam kegiatan bisnis seorang wirausaha harus dapat mempergunakan waktu dengan sebaik mungkin sehingga dalam melakukan kegiatan operasi usahanya dapat maksimal dalam waktu tertentu. Penggunaan waktu dengan sebaik-baik mungkin, supaya dapat menjalankan bisnis dengan memperoleh keuntungan seperti yang ditargetkan. Hal ini sangat dipengaruhi dengan adanya semangat kerja keras dan tidak lepas dari sifat perbuatan yang dilandasi dengan komitmen tinggi dari dalam jiwa wirausaha sejati. Dalam memanfaatkan waktu supaya dapat digunakan dengan maksimal dan baik harus memperhatikan beberapa point diantaranya yaitu:
1.    Membuat sebuah catatan yang menuliskan rincian dalam usaha setiap hari dan coret mana yang sudah dijalankan/ dilakukan/ dikerjakan.
2.    Membuat perjanjian atau menghubungi via media sebelum andan akan mengunjungi seseorang.
3.    Sediakan pulpen, kertas catatan kecil dalam saku (catatan saku), supaya tidak repot sewaktu anda membutuhkan kapan saja sudah dipersiapkan.
4.    Bagi yang beragama islam jagalah waktu sholat yang bisa dikerjakan saat istirahat berlangsung makan dan minum.
5.    Manfaatkan waktu senggang dengan membaca buku, surat kabar, majalah dan lain-lain.
6.    Merencanakan waktu dalam perjalanan, memperhitungkan kemacetan lalu lintas, terutama pada saat akan menghadiri acara rapat dan kepentingan lain yang menempuh jarak dan waktu.
7.    Menghindari dengan baik kepada setiap orang-orang yang hendak mencuri waktu anda.
8.    Tidak perlu menemui orang atau siapa saja jika tidak ada yang perlu dibicarakan, jika diperlukan dapat menggunakan alat komunikasi yang tersedia misalnya: telephone, surat, kurir, HP, Fax, Email, atau alat komuniikasi lainnya.

Menagemen Waktu Dalam Setiap Pekerjaan
Perilaku terhadap waktu


Adapun beberapa petunjuk untuk menerapkan perilaku tepat waktu yang dapat dilakukan siswa dalam belajar disekolah sebelum menginjak ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu dengan cara sebagai berikut:
1.    Biasakan hadir tepat waktu saat kegiatan belajar mengajar.
2.    Biasakan belajar dan bekerja dengan dengan penuh konsentrasi.
3.    Jangan suka membuang waktu yang dapat menghambat kesuksesan.
4.    Merenungkan hal-hal yang dapat menjadi tujuan hidup, dan merumuskan tujuan hidup dengan rencana-rencana yang matang.
5.    Berlatih disiplin dalam melaksanakan tugas apapun.
6.    Memanfaatkan waktu senggang dengan kegiatan yang bermanfaat.
7.    Budayakan tepat waktu dalam berbagai kegiatan.
8.    Jangan suka menunda-nunda pekerjaan, karena menunda adalah gagal.
9.    Menyelesaikan tugas sesuia dengan kemampuan yang dimiliki.
10.    Hindari melakukan kesalahan dalam menjalankan tugas.

Dari berbagai pernyataan tersebut semua kegiatan dilakuakan dengan disiplin terhadap waktu. Semua pekerjaan yang dikerjakan dengan tepat waktu maka hasilnya juga tidak akan mengecewakan, maka biasakan tepat waktu dan saling bekerja sama dengan waktu.




Artikel terkait: penerapan komitmen tinggi terhadap perilaku seorang wirausaha terhadap waktu

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »